Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 21:12 WIB | Senin, 07 November 2016

Menkeu Tiongkok Dicopot setelah Mengeritik Pemimpin Populis

Menteri Keuangan Tiongkok yang dicopot, Lou Jiwei (Foto: likesuccess.com)

SHANGHAI, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Tiongkok mengganti Menteri Keuangan Lou Jiwei, Senin (07/11), menurut laporan kantor berita Xinhua.

Lou dicopot dari jabatannya dan digantikan oleh Xiao Jie (59), wakil sekretaris jenderal Dewan Negara Tiongkok atau kabinet, menurut laporan Xinhua.

Lou (65) menjabat sebagai menteri keuangan sejak Maret 2013, dan mengomandoi penguatan pasar saham yang didukung oleh otoritas Tiongkok.

Sementara itu, Xiao selama hampir 20 tahun berkiprah di Kementerian Keuangan dan ditunjuk menjadi kepala Badan Perpajakan Negara pada 2007.

Lou, yang juga merupakan anggota dewan gubernur Bank Investasi Infrastruktur Asia, merupakan salah satu tokoh terkemuka dalam roda perekonomian Tiongkok bersama gubernur bank sentral Zhou Xiaochuan.

Bulan lalu, ia berbicara atas nama G20 dalam mengecam politikus populis yang memainkan sentimen antiglobalisasi dan antiperdagangan bebas dengan dalih hal itu mengancam perekonomian dunia.

Meski tidak secara langsung menyebut calon presiden Amerika Serikat atau para politikus lain, ia menyebut populisme sebagai salah satu ancaman terbesar bagi perekonomian.

Tiongkok juga mengumumkan Menteri Keamanan Negara Geng Huichang digantikan oleh Chen Wenqing (56), yang sebelumnya menjabat sebagai anggota badan pengawas antikorupsi Partai Komunis, menurut laporan Xinhua.(Ant/AFP)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home