Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:28 WIB | Senin, 06 April 2015

Menko Maritim Dorong Kadin Masukkan Produk di LKPP

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mendorong para pengusaha yang bergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia untuk memasukkan produknya dalam katalog elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk mendukung industri bahan baku lokal di bidang kemaritiman.

“Kami pemerintah mengimbau usahawan dan teman-teman Kadin untuk masukkan saja produknya ke LKPP karena dengan demikian kita (pemerintah) tertolong dan bapak-bapak juga enak tidak perlu ikut tender. Karena LKPP itu tidak perlu tender dan kita tidak akan tersangkut kasus hukum di kemudian hari,” kata Indroyono dalam diskusi Potensi, Peluang Usaha dan Pembiayaan di Bidang Maritim di Menara Kadin Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan, Senin (6/4).

Menurutnya, dengan menggunakan e-katalog tersebut akan mendorong pemerintah dalam upaya merampingkan anggaran belanja pemerintah dan menghindari mark up anggaran. Selain itu, produk lokal juga menjadi prioritas pemerintah dan ini sejalan dalam mengoptimalkan pembelian bahan baku lokal sebesar 75 persen.

Terkait dengan hal ini, Indroyono mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo juga lebih senang menggunakan e-katalog melalui LKPP sehingga menghindari mark up anggaran.

“Dengan LKPP lebih efisien 15 persen pastinya, Bapak Presiden bahkan memerintahkan carefour dan hypermart untuk masuk ke e-katalog, jadi kalau pemerintah mau beli barang di LKPP ya akan dapat barang yang sama dengan harga yang sama, tidak bisa main-main lagi,” kata dia.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home