Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:21 WIB | Minggu, 28 Februari 2016

Menlu AS dan Rusia Puji Gencatan Senjata Suriah

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (kiri) menyambut kedatangan mantan senator Amerika Serikat Sam Nunn, selaku CEO Nuclear Threat Initiative (NTI), dalam pertemuan di Moskow pada 24 Februari 2016. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry “memuji” gencatan senjata di Suriah dan membahas cara mendukungnya melalui kerja sama antara militer mereka, kata Kementerian Luar Negeri Rusia, hari Sabtu (27/2).

Saat berbincang melalui telepon, mereka menyambut “pelaksanaan gencatan senjata di Suriah,” menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri.

“Mereka juga membahas kemungkinan melanjutkan proses perundingan damai sesuai dengan kerangka kerja International Syria Support Group,” ungkap kementerian itu.

Keduanya menekankan “pentingnya” bekerja sama sebagai pemimpin kelompok pendukung tersebut, menurut pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri.

Lavrov dan Kerry juga membicarakan “cara untuk memastikan (gencatan senjata) dilaksanakan sepenuhnya, termasuk meningkatkan kerja sama militer antara Rusia dan AS,” kata pernyataan itu.

Militer Rusia sebelumnya mengatakan pesawat tempurnya menangguhkan seluruh serangan di Suriah pada Sabtu untuk menghindari “kesalahan pengeboman” dan militer AS dan Rusia juga bertukar peta di Suriah.

Gencatan senjata, diperantarai Washington, mulai berlaku pada tengah malam waktu setempat (Jumat 2200 GMT). (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home