Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:54 WIB | Rabu, 21 Desember 2022

Menlu Australia Kunjungi China untuk Perbaiki Hubungan Kedua Negara

Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, di Beijing, Rabu, 21 Desember 2022. Menteri luar negeri Australia berada di China untuk pembicaraan yang berusaha memperbaiki hubungan tingkat tinggi yang telah lama putus yang telah mendorong sanksi perdagangan dan politik friksi. (Foto: DFATvia AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Menteri luar negeri Australia berada di China untuk pembicaraan yang berusaha memperbaiki jeda panjang dalam hubungan tingkat tinggi yang telah mendorong sanksi perdagangan dan gesekan politik.

Saat tiba di Beijing, Penny Wong, berterima kasih kepada China atas undangan tersebut, yang datang pada peringatan 50 tahun hubungan diplomatik resmi antara kedua negara.

Wong mengatakan dia menantikan pertemuan “membahas banyak masalah yang penting bagi kami.” Dia dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, Rabu (21/12) malam.

Kunjungan Wong adalah yang pertama oleh seorang menteri luar negeri Australia ke China dalam empat tahun dan meningkatkan harapan bahwa Australia akan membuat kemajuan dalam mengakhiri blok China pada impor komoditas Australia dan membebaskan dua warga negara Australia yang ditahan di China.

Wong mengatakan dia akan terus mengadvokasi warga Australia yang ditahan, tanpa memberikan rincian.

Perjalanan Wong semakin mencairkan hubungan antara kedua negara sejak Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, memenangkan pemilu pada bulan Mei, menggantikan Scott Morrison yang lebih konservatif di posisi teratas.

Albanese dan Presiden China, Xi Jinping, bertemu di sela-sela KTT Kelompok 20 bulan lalu di Bali, pertemuan formal pertama antara para pemimpin kedua negara dalam enam tahun.

Hubungan antara Australia dan China menjadi buruk sejak China memberlakukan hambatan perdagangan dan menolak pertukaran tingkat tinggi sebagai tanggapan terhadap Australia yang memberlakukan aturan yang menargetkan campur tangan asing dalam politik domestiknya dan menyerukan penyelidikan independen terhadap pandemi COVID-19.

Albanese juga mengatakan dia tetap berkomitmen untuk membangun armada kapal selam yang ditenagai oleh teknologi nuklir Amerika Serikat meskipun Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menggambarkan rencana itu sebagai "konfrontasi dengan China."

Sebagai mitra perjanjian dengan AS, Australia juga dipandang oleh China sebagai bagian dari skema untuk mencegahnya menegaskan supremasi diplomatik dan militer atas Laut China Selatan dan sebagian besar Asia Timur.

Itu telah mendorong banyak negara, termasuk Australia, untuk mencari keseimbangan antara hubungan ekonomi penting mereka dengan China dan hubungan keamanan lama mereka dengan AS.

Tanpa menyebutkan kunjungan Wong, Kantor Berita resmi China, Xinhua, pada hari Rabu mengatakan Xi telah bertukar salam pada setengah abad hubungan dengan Gubernur Jenderal Australia, David Hurley, dan Perdana Menteri Anthony Albanese.

Kerja sama antara China dan Australia telah “mencapai hasil yang bermanfaat, membawa manfaat nyata bagi rakyat kedua negara,” kata Xi seperti dikutip.

Hubungan yang sehat “kondusif untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan dan dunia,” kata Xi, seraya menambahkan bahwa kedua belah pihak harus “mematuhi prinsip saling menghormati (dan) saling menguntungkan.”

Australia menjalin hubungan diplomatik dengan China pada tahun 1941, tetapi hubungan itu terputus setelah Partai Komunis menggulingkan pemerintah Nasionalis pada tahun 1949 dan tidak dipulihkan hingga tahun 1972. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home