Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:05 WIB | Senin, 21 Maret 2016

Menlu Australia Temui Wapres Buka Konjen Makassar

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop (kanan) di Kantor Wapres, Jakarta, hari Senin (21/3). Pertemuan antara Wapres Jusuf Kalla dan Menlu Australia Julie Bishop tersebut membahas soal peningkatan hubungan kerja sama bilateral kedua negara antara lain di bidang bisnis, investasi, pendidikan, dan kontra terorisme. (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjelaskan rencana pembukaan kantor konsulatnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Dia lapor mau buka konsulat di Makassar," kata Wapres Kalla seusai menerima Menlu Australia di ruang kerjanya di kantor Wapres di Jakarta, hari Senin (21/3).

Terkait rencana tersebut, Wapres menilai wajar karena secara geografis, letak Australia relatif dekat dengan wilayah Indonesia bagian timur.

"Kalau dekat gitu, tentu banyak kunjungan dari orang Australia. Dia buka (konsulat) juga di Bali. Mungkin sekarang di Makassar. Saya tidak tahu, apakah nanti juga akan buka di Surabaya," ujarnya.

Pembukaan kantor konsulat di Makassar, Wapres berharap dapat berdampak pada peningkatan investasi dari Australia di Ibu Kota Provinsi Sulsel itu.

Namun saat ditanya mengenai pertemuan dengan Menlu Australia tersebut membahas masalah ancaman terorisme di Indonesia, Wapres mengaku tidak tahu.

"Saya kira hal itu dibicarakan dengan Pak Luhut (Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan) tadi, bukan dengan saya," kata Wapres sambil terburu-buru meninggalkan ruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut hadir Menlu Retno Marsudi dan Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home