Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:18 WIB | Jumat, 12 Februari 2021

Menlu: Rusia Siap Putus Hubungan dengan Uni Eropa

Menlu: Rusia Siap Putus Hubungan dengan Uni Eropa
Menteri Rusia, Sergei Lavrov. (Foto: dok. AP)
Menlu: Rusia Siap Putus Hubungan dengan Uni Eropa
Pemandangan Kremlin di tengah kota Moskow, Rusia. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan Moskow siap memutuskan hubungan dengan Uni Eropa (UE) jika blok itu menghantamnya dengan sanksi ekonomi yang menyakitkan, menurut kutipan dari wawancara yang diposting di situs kementerian itu pada hari Jumat (12/2).

Hubungan antara Rusia dan Barat mengalami tekanan baru atas penangkapan dan pemenjaraan kritikus Kremlin, Alexei Navalny, yang telah memicu pembicaraan tentang kemungkinan sanksi baru.

Tiga diplomat Eropa mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis (11/2) bahwa Uni Eropa kemungkinan akan memberlakukan larangan perjalanan dan pembekuan aset pada sekutu Presiden Rusia, Vladimir Putin, mungkin secepatnya bulan ini, setelah Prancis dan Jerman mengisyaratkan kesediaan mereka untuk bergerak maju.

Tekanan sanksi telah meningkat sejak Moskow membuat marah negara-negara Eropa pekan lalu dengan mengusir diplomat Jerman, Polandia dan Swedia, tanpa memberi tahu kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, yang berada di Moskow untuk berkunjung. Paris dan Berlin sekarang mengatakan harus ada tanggapan.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, ditanyai dalam sebuah wawancara yang akan dipublikasikan secara lengkap pada hari Jumat malam apakah Moskow sekarang akan bergerak menuju pemutusan hubungan dengan UE sendiri.

“Kami melanjutkan dari fakta bahwa kami siap (untuk itu). Jika kita melihat lagi sanksi yang dijatuhkan di beberapa sektor yang menimbulkan risiko bagi perekonomian kita, termasuk di bidang yang paling sensitif, ”kata Lavrov.

“Kami tidak ingin mengisolasi diri dari kehidupan global, tetapi kami harus siap untuk itu. Kalau mau damai siapkan perang,” katanya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home