Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 08:57 WIB | Kamis, 05 September 2013

Menpora Cup Menggairahkan Sepakbola Indonesia

Menpora, Roy Suryo (paling kiri) saat memberi keterangan pers seputar Menpora Cup 2013. (foto: kemenpora.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berencana menyelenggarakan turnamen sepakbola, Menpora Cup. Pernyataan ini dikemukakan Roy Suryo saat menggelar jumpa pers tentang penyelenggaraan Menpora Cup 2013, pada Rabu (4/9) di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo menyebut kejuaraan ini penting karena jarang sekali kegiatan turnamen yang diadakan bagi klub-klub dalam negeri berlevel internasional. “Saya apresiasi kegiatan Menpora Cup ini. Diadakan turnamen ini karena surutnya perkembangan sepakbola di Indonesia.” katanya.

Sekretaris Kemenpora, Yuni Mumpuni dan Deputi III Bidang Pemberdayaan Olahraga, Tunas Dwiharto tampak mendampingi Menpora saat menggelar konferensi pers. Yuni Mumpuni mengatakan pentingnya kegiatan ini guna menggairahkan pesepakbolaan Indonesia. “Tujuan Menpora Cup ini untuk mengingatkan kembali masyarakat serta menggairahkan pesepakbolaan Indonesia,” kata Yuni.

Turnamen ini akan berlangsung mulai 20-28 September 2013, diikuti  delapan tim yang terdiri dari 5 tim asal ISL ditambah 3 tim masing-masing dari Australia, Fipilina dan Malaysia, dengan total hadiah sebesar Rp satu miliar.

Wakil Ketua Menpora Cup, Johanes Sugiyanto mengungkapkan saat ini baru ada enam tim yang positif ikut meramaikan Menpora Cup. Tim-tim tersebut adalah: Arema Cronous, Mitra Kutai Kartanegara, dan Persepam Pamekasan bergabung di Grup A. Sedangkan Persib Bandung, Sriwijaya FC, dan Central Coast Mariners ada di Grup B.

“Dua tim lain sudah kami dapatkan. Tapi, kami belum bisa mengumumkan,” kata Johannes

Jo mengatakan dua tim tambahan adalah Loyola (klub Liga Sepakbola Filipina) dan tim nasional Malaysia U23 (usia di bawah 23 tahun). Namun, Jo belum dapat memastikan kehadiran Malaysia U23 karena beberapa pemain masih belum diizinkan meninggalkan klubnya.

Kontestan Menpora Cup sempat bongkar pasang. Sejumlah tim dikabarkan akan bergabung di Menpora Cup, seperti Timnas U-23 Indonesia, Persegres United, dan Adelaide United, akan tetapi beberapa klub membatalkan partisipasi pada turnamen ini karena alasan teknis, seperti tidak pastinya jadwal Menpora Cup atau benturan dengan agenda internal klub.

Salah satunya adalah Persib Bandung mengaku sudah menerima jadwal dan undangan untuk mengikuti Menpora Cup 2013. Namun, Persib belum menentukan apakah akan mengikuti turnamen ini atau tidak.

"Saya sudah menerima jadwal. Tapi belum tahu fix-nya, akan tetapi belum ada pembicaraan dengan manajemen," kata pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman. (kemenpora.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home