Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:41 WIB | Rabu, 13 Oktober 2021

Menpora: Tidak Ada Atlet dan Ofisial PON Yang Kabur dari Karantina

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, saat melakukan Kunjungan ke Media Center PB PON XX Papua 2021. (Foto: Humas PON XX)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, angkat bicara soal isu adanya tujuh atlet, pelatih dan official PON XX 2021 yang kabur dari tempat karantina atau isolasi COVID-19. Zainudin memastikan bahwa tujuh orang tersebut tidak kabur.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa ada tujuh atlet teridentifikasi positif COVID-19, kabur dari tempat isolasi. Satu orang pulang ke Tarakan, dua orang ke Jambi, tiga orang ke Sidoarjo, dan satu orang ke Yogyakarta.

“Ada informasi tujuh orang yang seolah kabur, tapi tidak seperti itu, karena untuk naik ke pesawat, itu pasti ada suratnya minimal antigen, dan mereka yang bepergian itu sudah harus dites antigen,” kata Zainudin Amali di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (12/10).

Namun menurut Menteri Amali, ketujuh orang tersebut sudah melakukan test swab antigen dan dinyatakan negatif. Sayangnya, hasil PCR ketujuh orang tersebut baru keluar saat mereka sudah tiba di tempat tujuan. Sementara hasil PCR yang baru keluar beberapa hari justru positif terkonfirmasi COVID-19.

“Nah hasil dari PCR yang terlambat, setelah mereka di sana (tempat tujuan). Kenapa terlambat, karena kita kekurangan fasilitas pendukung Lab PCR. Saya juga memperkirakan nanti terjadi lagi dan semoga tidak, karena akan ada antrean mengular di akhir penyelenggaraan PON,” kata Menpora.

“Sekali lagi, mereka bukan kabur, dan mereka sudah ada suratnya, kalau tidak ada, tidak mungkin mereka naik pesawat. Tapi karena tes PCR yang terlambat dan baru bisa diketahui di sana. Kenapa terlambat? Memang (demikian) karena kapasitasnya begitu,” kata Amali.

Penerapan protokol kesehatan sangat dijaga ketat selama pelaksanaan PON. Termasuk soal administrasi keberangkatan atlet, pelatih, official dan kontingen.

“Semuanya diawasi, dan kalau terkonfirmasi pasti ada tempat karantina mandiri, ada di KM Tidar dan lain sebagainya. Saya di sini terus memantau setiap perkembangan dan saya meluruskan itu tidak ada pelatih, atlet atau official yang kabur dari sini, tanpa sepengetahuan panitia,” kata Amali.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home