Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:34 WIB | Sabtu, 03 Desember 2016

Menteri ESA Setujui Dana Penelitian Kehidupan di Mars

Gambar ilustrasi tentang wahana yang mendarat di Planet Mars untuk menyelidiki kemungkinan kehidupan di sana. (Foto: Ist)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Para menteri Eropa menyetujui dana sebasar 1,4 miliar Euro untuk mengirimkan wahana menyelidiki kehidupan di Planet Mars dan meneruskan program di Stasiun Luar Angkasa Internasional (Internasional Space Station / ISS).

Pendanaan untuk projek prestisius itu mencapai total 10,3 Miliar Euro yang disetujui hari Jumat (2/12) dalam dua hari pertemuan dewan menteri ESA (European Space Agency) di Paris, menurut pernyataan pimpinannnya yang dikutip AFP.

Kekhawatiran masalah pendanaan telah membayangi rencana pengiriman wahana penyelidikan kehidupan di Planet Mars, dan untuk tetap terlibat dalam projek ISS dengan mitra dari Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan Rusia.

ESA sebelumnya telah memperingatkan tentang masalah pendanaan yang menantang ini, terkait situasi ekonomi dan politik di Eropa. Dan pendanaan itu belum membantu kebutuhan sebesar 230 juta Euro untuk uji pendaratan wahana pada Planet Merah itu.

Namun Direktur Umum ESA, Jan Woerner, mengumumkan bahwa 22 menteri dari negara anggota ESA, ditambah Slovenia dan Kanada sebagai dewan konsultatif menyetujui tentang dana besar untuk masa depan projek itu. ‘’Hal ini yang memungkinkan kita benar-benar bergerak maju,’’ katanya dalam penjelasan di situs internetnya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home