Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 16:40 WIB | Rabu, 01 Januari 2014

Menteri Jepang Kunjungi Kuil Yasukuni

Abe mengatakan kunjungan ke Yasukuni upaya untuk memuliakan sejarah militeristik Jepang. (Foto: dari aljazeera.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Seorang menteri kabinet Jepang mengunjungi kuil perang kontroversial di Tokyo pada Rabu (1/1), kata laporan pers, enam hari setelah kunjungan Perdana Menteri Shinzo Abe yang membuat marah tetangga Jepang dan memicu kritik Washington.

Yoshitaka Shindo, menteri urusan dalam negeri dan komunikasi, mengunjungi kuil Yasukuni pada Hari Tahun Baru pada saat ribuan orang menghadiri Kuil Shinto dan kuil-kuil Buddha untuk berdoa bagi keberuntungan tahun 2014, kata kantor berita Jiji dan Kyodo.

Kamis lalu Abe melakukan kunjungan pertamanya sebagai perdana menteri ke kuil Yasukuni, yang menghormati para korban perang Jepang, termasuk beberapa pejabat tingkat tinggi yang dieksekusi karena kejahatan perang kelas-A setelah Perang Dunia II.

China dan Korea Selatan melihatnya sebagai pengingat brutal imperialis Tokyo masa lalu dan masa perang agresi.

Abe dikenal karena pandangan nasionalisnya, berkuasa pada Desember 2012 dalam satu pemilu.

Sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri 2006-2007 tanpa mengunjungi Yasukuni, setelah pendahulunya Junichiro Koizumi ziarah berulang kali berizarah di sana dan menyebabkan hubungan dengan Beijing dan Seoul terburuk dalam beberapa dekade.

Sementara para perdana menteri setelah Koizumi telah menahan diri dari pergi ke kuil Yasukuni, para anggota parlemen konservatif secara teratur berziarah di sana untuk korban perang. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home