Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:32 WIB | Senin, 10 Oktober 2022

Menteri Skotlandia: Referendum Kemerdekaan Tahun Depan

Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon. (Foto: tangkap layar video)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon, yakin referendum kedua tentang kemerdekaan Skotlandia dapat berlangsung pada Oktober tahun depan, katanya pada hari Minggu (9/10).

Pengadilan tinggi Inggris pada hari Selasa mulai mendengarkan argumen untuk mengizinkan pemungutan suara pemisahan diri tanpa persetujuan dari Perdana Menteri Inggris, Liz Truss, dan pemerintahnya.

Dalam plebisit 2014, yang disetujui pemerintah Inggris, Skotlandia menolak kemerdekaan sebesar 55 persen melawan 45 persen. Namun, Partai Nasional Skotlandia (SNP) berpendapat bahwa keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dua tahun kemudian telah pengubah permainan.

Sturgeon berpendapat bahwa ketika pemilih mendukung partai-partai pro kemerdekaan dalam pemilihan parlemen Skotlandia tahun lalu, ada mandat bagi mereka untuk mengajukan RUU untuk mengadakan referendum pada 19 Oktober 2023.

Ditanya selama wawancara di BBC TV apakah dia yakin itu akan terjadi, Sturgeon berkata: "Ya, saya yakin itu bisa terjadi."

“Mari kita tunggu dan lihat apa yang dikatakan pengadilan. Saya yakin Skotlandia akan merdeka.”

Sturgeon telah berjanji bahwa kekalahan di Mahkamah Agung akan berarti SNP akan bertarung dalam pemilihan umum Inggris berikutnya, yang akan diadakan pada tahun 2024, semata-mata pada platform apakah Skotlandia harus merdeka, menjadikannya referendum 'de facto'.

Sturgeon mengatakan pada hari Minggu bahwa itu adalah pilihan terakhir.

"Itu bukan preferensi saya," katanya. “Jika rute yang tepat untuk mempertimbangkan dan memutuskan masalah ini, yang merupakan referendum konstitusional yang sah, diblokir … maka pilihannya sederhana: Kami menyerahkan kasus kami kepada orang-orang dalam pemilihan atau kami menyerah pada demokrasi Skotlandia, dan saya ingin menjadi sangat jelas hari ini, saya tidak akan pernah menyerah pada demokrasi Skotlandia.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home