Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 22:39 WIB | Sabtu, 28 November 2015

Menteri Yohana Hadiri Pesta Tahun Perempuan Gereja HKBP 2015

Menteri Yohana Hadiri Pesta Tahun Perempuan Gereja HKBP 2015
Kaum Perempuan HKBP dari 28 distrik bertemu di Pematangsiantar mengikuti rangkaian kegiatan Perayaan Pesta Puncak Tahun Perempuan HKBP 2015. (Foto-foto: hkbp.or.id)
Menteri Yohana Hadiri Pesta Tahun Perempuan Gereja HKBP 2015
Ompui Ephorus Pdt Willem TP Simarmata MA membuka secara resmi Festival Paduan Suara Pesta Puncak Tahun Perempuan HKBP 2015 Di Aula FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, hari Sabtu (28/11).

SIANTAR, SATUHARAPAN.COM - Gereja terbesar di Indonesia,  Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), menggelar pesta Tahun Perempuan HKBP 2015, di Pemantangsiantar, Sumatera Utara, pada hari Sabtu dan Minggu (28-29/11).

Menurut Ketua panitia, Pendeta Basa Rohana Hutabarat, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, akan menghadiri puncak acara “Pesta Parompuan HKBP se-Dunia” ini. Kehadiran menteri Yohana, kata dia, akan memberikan semangat bagi perempuan, sekaligus meninjau perkembangan perempuan HKBP di tengah pertumbuhan modernisasi yang terus berkembang.

“Kami juga akan mengadakan pertemuan dengan menteri dan mungkin akan berbagi bagaimana meningkatkan peran perempuan dan meningkatkan perekonomian rumah tangga dan masyarakat. Kami juga berharap ibu menteri bersedia membacakan nama-nama pemenang koor ini,” kata Basa Rohana Hutabarat.

Sementara itu, pemimpin tertinggi HKBO,  Ephorus Pendeta Willem TP Simarmata MA, mengatakan, acara Pesta Parompuan HKBP se-Dunia merupakan kesempatan baik untuk mempererat persaudaraan dari kaum ibu di seluruh HKBP.

“Ini adalah kesempatan yang baik untuk mempererat persaudaraan dari kaum ibu di seluruh HKBP. Mari mempererat persaudaraan, mari menghargai keputusan dewan juri agar tidak mengurangi sukacita kita,” kata Ephorus  saat membuka Festival Paduan Suara Pesta Puncak Tahun Perempuan HKBP 2015 di Aula FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, hari Sabtu (28/11).

15.000 Jemaat

Lebih lanjut, Pendeta Basa Rohana Hutabarat menjelaskan, pada hari pertama (Sabtu) akan digelar perlombaan paduan suara dari seluruh distrik yang berjumlah 28 dengan peserta sekitar 1.600 orang. Sementara, pada hari Minggu, akan dilaksanakan ibadah raya dengan jumlah yang hadir mencapai sekitar 15.000 jemaat.

“Festival paduan suara itu akan diadakan di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas HKBP Nommensen di Jalan Sangnauwaluh, Siantar Timur, dimulai pukul 09.00 WIB. Kemudian, esok hari akan digelar ibadah raya yang dimulai pukul 09.30 WIB di lapangan Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP,” katanya.

Pada acara ini, kata Pendeta Basa, menteri juga akan menyaksikan beragam kreativitas perempuan HKBP yang dipamerkan di sejumlah stan.

“Kita membuka stan-stan untuk memperlihatkan karya perempuan di setiap distrik. Dalam arti, apa yang mereka lakukan dari buah kreasi akan ada di stan. Di sana juga akan diperlihatkan foto atau gambar-gambar kegiatan tahun perempuan yang sudah dilakukan di setiap distrik. Dan, ini akan dilihat ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan akan berbincang-bincang dengan pengrajin-pengrajin yang ada di HKBP ini,” katanya.

“Perlombaan paduan suara ini sudah dimulai dari distrik-distrik, kemudian yang menang akan tampil ke tingkat nasional. Jadi, tujuannya sebenarnya untuk menunjukkan bahwa menyanyi termasuk dalam identitas Kristen (HKBP). Jadi itu terus dilestarikan supaya di gereja-gereja, lagu-lagu tetap dipertahankan,” kata dia menambahkan.

Melalui kegiatan ini, lanjut Pendeta Basa, diharapkan lebih menumbuhkan kekompakan perempuan se-HKBP. “Dengan duduk bersama, perempuan-perempuan HKBP semakin mempererat persekutuan dan memperlihatkan kualitas perempuan. Pertama dalam spiritualnya dan kedua kehidupan misi atau pelayanannya, paling tidak pada paduan suara,” katanya sembari mengatakan bahwa sejumlah distrik yang hadir antara lain dari Jakarta, Kalimantan, Malang, Palembang.

Pada puncak Pesta Parompuan HKBP se-Dunia akan dilaksanakan ibadah raya yang dipimpin Ephorus HKBP Pendeta Willem Tumpal Pandapotan (WTP) Simarmata MA. Kemudian, dilanjutkan dengan pembagian cenderamata kepada pemenang dan kepada para senior perempuan HKBP yang sudah lama berkerja untuk memperjuangkan perempuan di HKBP.

“Dalam ibadah ini ada juga hadir kita undang teman-teman dari luar negeri, seperti Australia, Amerika, Korea dan Malaysia,” katanya.

Sejumlah bus pengangkut rombongan peserta dari berbagai daerah sudah tiba di lokasi kegiatan. Beragam bentuk kreasi perempuan-perempuan HKBP juga sudah tampak terpajang di sejumlah stan. (metrosiantar.com/hkbp.or.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home