Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:17 WIB | Kamis, 30 Maret 2017

Merkel Tolak Permintaan PM Inggris Terkait Perundingan Paralel

Kanselir Jerman Angela Merkel, menolak permintaan Perdana Menteri Inggris Theresa May agar perundingan keluarnya Inggris dari Uni Eropa digelar secara paralel dengan pembahasan hubungan antara kedua belah pihak. (Foto:Ist)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Kanselir Jerman Angela Merkel, Rabu (29/03), menolak permintaan Perdana Menteri Inggris Theresa May agar perundingan Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa digelar secara paralel atau bersamaan dengan pembahasan hubungan antara kedua belah pihak.

“Perundingan pertama harus menjelaskan bagaimana kita menguraikan hubungan yang saling terkait… dan ketika hal itu berhasil ditangani, mudah-mudahan kita dapat segera memulai pembicaraan mengenai hubungan ke depannya,” ujar Merkel di Berlin.

Merkel juga menyerukan perundingan yang adil dan konstruktif dengan Inggris dan mengatakan “kita, UE, akan melakukan perundingan dengan adil dan konstruktif.”

“Saya berharap pemerintah Inggris akan memiliki semangat yang sama dalam perundingan,” ujar Merkel, seraya menambahkan bahwa May telah menjanjikan hal itu dalam percakapan melalui telepon pada Selasa.

Merkel mengatakan bahwa jaminan masa depan warga UE di Inggris akan menjadi salah satu prioritas dalam perundingan.

“Pemerintah akan berusaha meminimalkan sebisa mungkin dampak terhadap kehidupan sehari-hari mereka yang terkena imbas,” ujarnya.

Merkel juga menyatakan harapannya agar Inggris dan UE tetap menjadi mitra dekat. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home