Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:06 WIB | Selasa, 14 April 2020

Merkel Tunda Pemilihan Pemimpin CDU Hingga Desember

Kanselir Jerman dari Partai Kristen Demokrat (CDU), Angela Merkel. (Foto: Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Kanselir Jerman dari partai konservatif, Kristen Demokrat (CDU), Angela Merkel, kemungkinan akan menunda pemilihan pemimpin baru partai itu sampai Desember, karena pandemi virus corona, kata pemimpin saat ini, Annegret Kramp-Karrenbauer, pada hari Selasa (14/4).

Pemimpin baru akan berada di posisi terdepan untuk mencalonkan diri sebagai kanselir dalam pemilihan federal berikutnya, karena Merkel mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima sebagai kepala negara dengan ekonomi terbesar di Eropa.

Partai itu telah membatalkan kongres khusus pada bulan April untuk memilih seorang pemimpin. Kramp-Karrenbauer yang dikutip oleh kantor berita DPA, mengatakan bahwa semakin besar kemungkinan keputusan itu tidak akan berlangsung sampai konferensi reguler pada bulan Desember.

Sejauh ini, pesaing utama untuk kursi pimpinan partai adalah antara mantan saingan Merkel, Friedrich Merz, yang dikenal dari sisi kanan partai, dan Armin Laschet, dari nwgara bagian yang paling padat di Jerman, dan pakar kebijakan luar negeri, Norbert Roettgen, calon dari luar.

Kramp-Karrenbauer mengatakan persiapan untuk konferensi Desember akan berlangsung. "Kami berharap tentu saja situasinya akan berkembang sedemikian rupa sehingga kami dapat mengadakan konferensi partai reguler pada bulan Desember di Stuttgart," katanya kepada DPA.

Meskipun pemimpin CDU yang baru akan menjadi favorit untuk mencalonkan diri dalam pemilihan berikutnya, pada Oktober 2021, Serikat Sosial Kristen (CSU) Bavaria yang konservatif harus setuju dan bahkan mungkin lebih memilih pemimpinnya sendiri, Markus Soeder, untuk menjadi kandidat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home