Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 09:02 WIB | Senin, 12 April 2021

Mesir dan Lebanon Tetapkan Awal Ramadhan Hari Selasa

Orang-orang shalat di masjid Al-Hussein di Kairo, Mesir, pada 7 April 2021. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Bulan puasa atau Ramadhan akan dimulai pada hari Selasa 13 April di Mesir dan Lebanon, menurut otoritas agama di kedua negara itu yang diumumkan pada hari Minggu (11/4).

"Tanggal 13 April akan menjadi hari pertama Ramadhan," kata Dar Al-Ifta dari Mesir, lembaga yang mengeluarkan fatwa agama di negara berpenduduk terbesar di dunia Arab itu.

Di Lebanon, ulama Muslim Sunni, Mufti Sheikh Abdellatif Deryan, juga mengkonfirmasi bulan Ramadhan akan dimulai pada hari Selasa.

Awal Ramadhan ditentukan dengan perhitungan bulan dan penampakan fisik yang menentukan kapan satu bulan berakhir dan bulan lainnya dimulai.

Sementara Arab Saudi mengatakan bulan sabit, yang digunakan untuk menentukan awal bulan, tidak terlihat pada hari Minggu dan komite observasi akan bertemu lagi pada Senin (12/4) malam.

Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam. Umat ​​Muslim yang taat menahan diri dengan tidak makan dan minum dari fajar hingga senja, dan secara tradisional berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbuka puasa di malam hari.

Ini juga merupakan waktu shalat, di mana umat Islam biasanya berkumpul dalam jumlah besar di masjid, terutama pada malam hari.

Tetapi karena pandemi COVID-19, banyak negara mayoritas Muslim telah memberlakukan pembatasan pada jamaah termasuk jam malam, dan menyerukan agar shalat dilakukan di rumah. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home