Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:36 WIB | Senin, 09 Agustus 2021

Messi Tak Siap Tinggalkan Barcelona

Lionel Messi menangis saat melakukan konferensi pers "perpisahan" di stadiun Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Minggu (8/8). (Foto: VOA)

SPANYOL, SATUHARAPAN.COM - Berjuang keras mengatasi emosinya, Lionel Messi dalam perpisahan dari Barcelona hari Minggu (8/8) mengatakan ia tidak siap meninggalkan klub itu.

Messi mulai menangis, bahkan sebelum mulai berbicara dalam upacara perpisahannya di Stadion Camp Nou.

“Ini sangat berat bagi saya, setelah bertahun-tahun, setelah seluruh hidup saya di klub ini,” ujarnya, “saya tidak siap.”

Messi menyebut pengunduran diri secara tidak terduga dari klub itu sebagai saat “paling sulit” dalam karirnya.

Keluarga dan sejumlah anggota timnya ikut menemaninya di Camp Nou saat perpisahan itu.

Messi menghindar untuk berbicara secara khusus tentang masa depannya, dengan mengatakan ia menerima tawaran dari beberapa klub setelah pengumuman bahwa ia akan meninggalkan klub di Catalan itu.

Barcelona Kamis lalu (5/8) mengumumkan bahwa mereka tidak dapat mempertahankan pemain terbaiknya karena tidak mampu memenuhi kontrak baru dengan aturan soal “financial fair-play” liga Spanyol.

Batas gaji klub telah dipotong secara signifikan karena utangnya yang sangat besar.

Presiden Barcelona Joan Laporta menilai upaya keras klub itu untuk bertahan pada masa pandemi – khususnya pada masa kepemimpinan Josep Bartomeu sebelumnya – sebagai penyebabnya.

Messi meminta agar ia baru meninggalkan klub itu pada akhir musim 2019-2020 tetapi permintaannya ditolak Barmomeu.

Bintang Argentina itu setuju bertahan dan mencapai kesepakatan baru dengan Barcelona, tetapi klub itu tidak mampu memenuhi kewajibannya karena situasi keuangan yang sangat sulit.

Hampir 20 tahun Messi bermain di klub Catalan itu setelah tiba dari Argentina sebagai remaja untuk bermain dalam tim muda klub tersebut. Ia membuat debut di tim utama pada tahun 2004 ketika baru berusia 17 tahun, dan kemudian bermain selama 17 musim dengan tim utama.

Messi membantu klub itu memenangkan empat kali Liga Champions, sepuluh kali Liga Spanyol, tujuh kali Copa del Ray dan delapan kali Piala Super Spanyol.

Messi tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Barcelona, dengan 672 gol. Ia bermain di 778 pertandingan dengan klub itu dan mencatat rekor.

Messi juga merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol yaitu 474 gol dalam 520 pertandingan.

Messi memimpin Liga Spanyol mencetak gol dalam delapan musim dan merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions, yaitu enam kali. Gol ke-26 diraihnya ketika Barcelona melawan Real Madrid dalam pertandingan “clasico” dengan pesaing terberatnya.


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home