Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 07:58 WIB | Rabu, 21 September 2016

Microsoft akan Sembuhkan Kanker dalam 10 Tahun

Ilustrasi. (Foto: betanews.com)

SATUHARAPAN.COM - Microsoft telah berjanji untuk menyelesaikan masalah kanker dalam 10 tahun, dengan menggunakan latar belakang teknologi komputer untuk memecahkan kode sel yang terinfeksi, sehingga mereka dapat memprogram kembali sel tersebut ke kondisi yang sehat.

Dalam upaya menuju perubahan besar teknologinya, perusahaan itu telah mengumpulkan pasukan kecil yang terdiri atas ahli biologi dunia terbaik, programmer dan ahli komputer, untuk memerangi kanker sama seperti memerangi virus di komputer.

Musim panas ini, Microsoft membuka laboratorium basah pertamanya, yang akan menguji penemuan-penemuan ahli komputernya yang sedang menciptakan jaringan kerja sel.

Para peneliti bahkan bekerja dengan sebuah komputer yang dibuat dari DNA, sehingga dapat melihat secara langsung sel-sel tubuh dan mencari keanehan-keanehan dalam jaringan tubuh, seperti kanker. Bila mereka menemukan kemungkinan adanya kanker, mereka langsung akan mematikan sistem dan menghidupkannya kembali untuk membersihkan sel yang terinfeksi.

Chris Bishop, Direktur Laboratorium di Pusat Penelitian Microsoft, mengatakan, ”Saya pikir hal ini sangat biasa bagi Microsoft untuk mencari ini, karena kami memiliki keahlian yang luar biasa dalam teknologi komputer dan kanker adalah masalah yang berhubungan juga dengan komputer.”

“Ini bukan sekadar analogi. Ini merupakan pandangan matematika yang dalam. Biologi dan komputer adalah dua disiplin ilmu seperti kapur dan keju, namun memiliki hubungan dalam pada level dasar.”

Kelompok biologi komputer di Microsoft sedang mengembangkan komputer molekular yang dibangun dari DNA sehingga dapat bekerja seperti dokter untuk mendeteksi sel-sel kanker dan menghancurkannya.

Andrew Philips, pemimpin grup tersebut mengatakan, ”Ini memang membutuhkan proses yang lama, tetapi saya pikir ini merupakan hal yang mungkin secara teknis pada lima sampai sepuluh tahun mendatang untuk menempatkan sebuah sistem molekular yang pintar guna mendeteksi kanker.”

Dr Jasmin Fisher dari Cambridge University mengatakan, ”Bila kita dapat menguasai dan mengatur kanker maka itu akan menjadi seperti penyakit yang kronik dan masalah pun akan selesai.”

Prinsip-prinsip programming dan alat-alat dalam kelompok telah berkembang menjadi perangkat-perangkat lunak yang dapat mendeteksi tingkah laku sel yang sehat, sehingga dapat dibandingkan dengan sel yang terinfeksi, untuk mencari di mana masalah terjadi kemudian memperbaikinya.

Software Analisan Bio Model telah digunakan untuk membantu peneliti memahami bagaimana memperlakukan leukemia secara efektif.

“Saya pikir beberapa jenis kanker dalam lima sampai sepuluh tahun akan dapat diobati. Kemudian kita akan bebas kanker selama satu abad ke depan,” kata Fisher. (telegraph.co.uk/spw)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home