Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:43 WIB | Selasa, 29 Maret 2022

Miliarder Rusia, Roman Abramovich, Diisukan Diracuni

Oligarki Rusia yang terkena sanksi, Roman Abramovich, duduk di ruang VIP sebelum sebuah pesawat jet yang terkait dengannya lepas landas ke Istanbul dari bandara internasional Ben Gurion di Lod dekat Tel Aviv, Israel, pada 14 Maret 2022. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Miliarder Rusia, Roman Abramovich, dan negosiator perdamaian Ukraina menderita gejala yang diduga keracunan pada awal bulan ini setelah pertemuan di Kiev, menurut laporan Wall Street Journal dan outlet investigasi Bellingcat melaporkan pada hari Senin (28/3), mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Abramovich, yang menerima permintaan Ukraina untuk membantu menegosiasikan diakhirinya invasi Rusia ke Ukraina, dan setidaknya dua anggota senior tim Ukraina, terpengaruh hal itu, kata laporan WSJ.

Pejabat Ukraina mencoba menengkan laporan tersebut. Ditanya tentang dugaan keracunan, negosiator Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengatakan "ada banyak spekulasi, berbagai teori konspirasi." Rustem Umerov, anggota lain dari tim perunding, mendesak orang-orang untuk tidak mempercayai “informasi yang belum diverifikasi.”

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, kemudian mengambil garis yang sama, mengatakan dalam sebuah wawancara di televisi nasional bahwa "semua orang haus akan berita dan sensasi." Namun, dia juga menambahkan dengan masam: "Saya menyarankan siapa pun yang akan bernegosiasi dengan Rusia untuk tidak makan atau minum apa pun, (dan) sebaiknya menghindari menyentuh permukaan."

Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan intelijen menyarankan alasan "lingkungan" yang memuakkan Abramovich dan para negosiator, "Misalnya, tidak meracuni." Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim dan tidak menjelaskan lebih lanjut.

Kremlin tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui email.

Gejala Mata Merah, Kulit Mengelupas

Menurut laporan WSJ, Abramovich dan para negosiator menunjukkan gejala yang meliputi mata merah, robekan yang terus-menerus dan menyakitkan, dan kulit mengelupas di wajah dan tangan mereka.

Abramovich dan negosiator Ukraina, termasuk anggota parlemen Tatar Krimea, Umerov, telah membaik dan hidup mereka tidak dalam bahaya, WSJ melaporkan.

Seseorang yang mengetahui masalah tersebut mengkonfirmasi insiden itu kepada Reuters tetapi mengatakan Abramovich tidak mengizinkannya untuk menghentikannya bekerja.

Bellingcat mengatakan para ahli yang memeriksa insiden itu menyimpulkan "keracunan dengan senjata kimia yang tidak ditentukan" adalah penyebab yang paling mungkin.

Mengutip para ahli, Bellingcat mengatakan dosis dan jenis racun yang digunakan tidak cukup untuk mengancam jiwa, “dan kemungkinan besar dimaksudkan untuk menakut-nakuti para korban daripada menyebabkan kerusakan permanen. Para korban mengatakan mereka tidak mengetahui siapa yang mungkin memiliki kepentingan dalam serangan.”

Ketiga pria yang mengalami gejala tersebut hanya mengonsumsi air dan cokelat beberapa jam sebelumnya, kata Bellingcat. Anggota tim keempat yang juga mengonsumsi barang-barang ini tidak mengalami gejala, katanya.

Pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang oleh Presiden Vladimir Putin disebut sebagai “operasi militer khusus” untuk mendemiliterisasi Ukraina. Ukraina dan Barat mengatakan Putin melancarkan perang agresi yang tidak beralasan.

Kremlin mengatakan Abramovich memainkan peran awal dalam pembicaraan damai antara Rusia dan Ukraina tetapi prosesnya sekarang berada di tangan tim perunding kedua belah pihak. Kedua belah pihak bertemu di Istanbul pada hari Selasa (29/3) untuk pembicaraan damai tatap muka pertama dalam lebih dari dua minggu.

Kuleba mengatakan harapan paling ambisius Ukraina untuk pembicaraan pekan ini adalah untuk menyetujui gencatan senjata. Tetapi pemerintahnya memiliki garis merah yang jelas, dan tidak akan menyerahkan tanah atau kedaulatan apa pun kepada Rusia, katanya.

Barat telah memberlakukan sanksi berat terhadap miliarder Rusia seperti Abramovich, perusahaan Rusia dan pejabat Rusia, dalam upaya untuk memaksa Putin menarik diri dari Ukraina.

Abramovich, yang profil internasionalnya meningkat setelah dia mengakuisisi Chelsea FC pada tahun 2003, telah menjual klub sepak bola London itu setelah terkena sanksi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home