Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:16 WIB | Selasa, 09 Maret 2021

Militer Myanmar: Penahanan Penasihat Ekonomi Australia Membuka Rahasia Keuangan

Militer Myanmar: Penahanan Penasihat Ekonomi Australia Membuka Rahasia Keuangan
Panglima Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing. (Foto: dok. AFP)
Militer Myanmar: Penahanan Penasihat Ekonomi Australia Membuka Rahasia Keuangan

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing, mengatakan bahwa ditemukan informasi keuangan rahasia dari penasihat keuangan Aung San Suu Kyi, seorang wraga negara Australia, menurut laporan televisi MRTV yang dikelola pemerintah, hari Senin (8/3).

Temuan itu diperoleh setelah penahanan seorang penasihat keuangan untuk pemimpin Myanmar yang digulingkan, Aung San Suu Kyi. Australia telah menyerukan pembebasan Sean Turnell, penasihat keuangan itu, yang ditahan pada 6 Februari, lima hari setelah kudeta yang menyebabkan penangkapan Suu Kyi sendiri.

Disebutkan Turnell berupaya untuk melarikan diri dari Myanmar. Namun upaya oleh mantan penasihat ekonomi asing itu dihentikan tepat waktu dan informasi keuangan rahasia negara ditemukan melalui dia.

Sean Turnell (kiri) dan Aung San Suu Kyi. (Sumber: Facebook)

 

Menteri tingkat serikat sedang mengambil tindakan hukum sehubungan dengan masalah itu,” kata laporan MRTV mengutip pernyataan pemimpin junta itu.

Menurut televisi MRTV, penangkapan ekonom Australia itu telah menghasilkan banyak informasi untuk kepentingan nasional.

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, menurut ABC,  telah menyerukan pembebasan Profesor Turnell, yang ditahan pada 6 Februari menyusul kudeta yang menyebabkan penangkapan Suu Kyi sendiri.

Komentar pemimpin junta itu muncul setelah Australia pada hari Senin (8/3) menangguhkan kerja sama militer dengan Myanmar dan mengalihkan bantuan ke organisasi non pemerintah sebagai tanggapan atas kekerasan yang meningkat menyusul kudeta militer bulan lalu.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home