Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:00 WIB | Senin, 30 Juni 2014

Militer Pakistan Gempur Taliban

Pasukan angkatan darat Pakistan dikirim setelah beberapa minggu digelar serangan udara. (Foto: bbc.com/AP)

BANNU, SATUHARAPAN.COM - Militer Pakistan melancarkan serangan darat di daerah suku Waziristan Utara pada Senin (30/6), memulai fase baru serangannya terhadap militan Taliban, menurut beberapa pejabat.

Tentara bergerak menuju ke Miranshah, kota utama di Waziristan Utara, sekitar pukul 9:30 (0430 GMT) setelah dua pekan serangan udara dan memborbardir gerilyawan dengan artileri yang militer katakan telah menewaskan 370 militan.

Waziristan Utara telah lama menjadi tempat perlindungan bagi militan. Para wartawan mengatakan banyak diperkirakan telah meninggalkan daerah sebelum serangan dimulai. 
 
Serangan itu datang tiga minggu setelah militan menyerang bandara terbesar Pakistan di Karachi, yang menyebabkan lebih dari 30 orang tewas. 

Washington sudah lama mendesak Islamabad untuk menghancurkan markas militan di Waziristan Utara, surga bagi Taliban Pakistan dan pemberontak yang berhubungan dengan Al Qaeda.

Pejabat keamanan di Miranshah mengungkapkan kepada AFP tentara bergerak menuju ke kota tersebut setelah enam jam menembakkan artileri, yang dimulai pada 3:30.

“Mereka menggunakan tank dan kendaraan lapis baja untuk melancarkan serangan darat,” ungkap seorang pejabat keamanan yang tidak ingin disebutkan namanya.

“Tentara juga sudah mengambil alih rumah sakit sipil di Miranshah dan menghancurkan empat lokasi persembunyian dalam penembakan artileri tersebut.”

Pejabat keamanan di Peshawar, kota utama di barat laut Pakistan, membenarkan serangan tersebut dan mengatakan tentara juga bergerak ke kota Mir Ali. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home