Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:02 WIB | Selasa, 09 Agustus 2022

Militer Taiwan Gelar Latihan untuk Kesiapan Menghadapi Serangan

Militer Taiwan melakukan latihan tembakan langsung artileri di Fangshan di Kabupaten Pingtung, Taiwan selatan, Selasa, 9 Agustus 2022. Kantor Berita Pusat resmi Taiwan melaporkan bahwa tentara Taiwan akan melakukan latihan artileri tembakan langsung di daerah Pingtung selatan pada hari Selasa dan Kamis, dalam menanggapi latihan militer China. (Foto: AP/Johnson Lai)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Menteri luar negeri Taiwan mengatakan bahwa China menggunakan latihan militer untuk melatih invasi ke pulau demokrasi yang memiliki pemerintahan sendiri, sementara militer Taiwan memulai latihan tembakan langsung untuk menunjukkan kesiapan untuk menggagalkan potensi serangan.

Joseph Wu mengatakan Beijing bertujuan untuk membangun dominasinya di Pasifik Barat dan mencaplok Taiwan, yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri. Itu akan mencakup kontrol Laut Cina Timur dan Selatan melalui Selat Taiwan dan mencegah Amerika Serikat dan sekutunya membantu Taiwan, katanya pada konferensi pers di Taipei.

China mengatakan latihannya didorong oleh kunjungan ke pulau itu pekan lalu oleh Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi, tetapi Wu mengatakan China menggunakan perjalanannya sebagai dalih untuk mengintimidasi langkah yang telah lama dilakukan.

China juga melarang beberapa impor makanan Taiwan setelah kunjungan tersebut dan memutus dialog dengan AS mengenai berbagai masalah mulai dari kontak militer hingga memerangi kejahatan transnasional dan perubahan iklim.

AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan untuk menghormati Beijing, tetapi terikat secara hukum untuk memastikan pulau itu dapat mempertahankan diri dan memperlakukan semua ancaman terhadapnya, termasuk blockade, sebagai masalah yang sangat memprihatinkan.

Itu membuka pertanyaan apakah Washington akan mengirim pasukan jika China menyerang Taiwan. Presiden Joe Biden telah berulang kali mengatakan bahwa AS terikat untuk melakukannya, dalam komentar yang dengan cepat ditanggapi oleh stafnya.

Latihan tersebut menunjukkan “ambisi geostrategis China di luar Taiwan,” kata Wu. “China tidak memiliki hak untuk mencampuri atau mengubah” proses demokrasi rakyat Taiwan atau interaksi dengan negara lain, katanya, seraya menambahkan bahwa Taiwan dan daratan adalah yurisdiksi terpisah dengan “tidak ada yang lebih rendah dari yang lain.”

Sejak Kamis, China telah mengirim kapal dan pesawat militer melintasi garis tengah di Selat Taiwan dan meluncurkan rudal ke perairan yang mengelilingi pulau itu. Mengabaikan seruan untuk meredakan ketegangan, Beijing telah memperpanjang latihan yang menjadi blokade tanpa mengumumkan kapan akan berakhir.

Latihan tersebut telah mengganggu penerbangan dan pengiriman di salah satu zona tersibuk untuk perdagangan global. Taiwan telah menempatkan pasukannya dalam siaga, tetapi sejauh ini menahan diri dari mengambil tindakan balasan aktif.

Latihan Militer Taiwan

Pada hari Selasa, militernya mengadakan latihan artileri tembakan langsung di Kabupaten Pingtung di pantai tenggara.

Tentara akan terus berlatih dan mengumpulkan kekuatan untuk menghadapi ancaman dari China, kata Mayor Jenderal Lou Woei-jye, juru bicara Komando Angkatan Darat ke-8 Taiwan. "Tidak peduli apa situasinya ... ini adalah cara terbaik untuk membela negara kita."

Seorang pengunjung dari kota pelabuhan terdekat, Kaohsiung, mengatakan latihan itu diperlukan untuk “memberi tahu China bahwa kami siap.”

“Saya berharap kedua belah pihak dapat menahan diri. Berperang tidak baik untuk orang biasa,” kata pria yang hanya menyebut nama keluarganya Chen.

Taiwan, bekas koloni Jepang dengan hanya koneksi longgar ke kekaisaran China, berpisah dengan daratan di tengah perang saudara pada tahun 1949. Meskipun tidak pernah memerintah pulau itu, Partai Komunis China yang berkuasa menganggapnya sebagai wilayahnya sendiri dan telah berusaha untuk mengisolasinya secara diplomatik dan ekonomi, selain meningkatkan ancaman militer.

Taiwan adalah penyedia chip komputer yang penting bagi ekonomi global, termasuk sektor teknologi tinggi China. Krisis yang berkepanjangan di Selat Taiwan, jalan raya utama untuk perdagangan global, dapat memiliki implikasi besar bagi rantai pasokan internasional pada saat dunia menghadapi gangguan dan ketidakpastian. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home