Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:42 WIB | Minggu, 07 Mei 2023

Mobil Kedutaan Diserang, Turki Pidahkan Kedubes ke Port Sudan

Dua Jenderal Sudan menyatakan akan hadiri pertemuan pembicaraan damai di Jeddah, Arab Saudi.
Asap mengepul di atas bangunan tempat tinggal di Khartoum pada 1 Mei 2023 saat bentrokan mematikan antara pasukan jenderal saingan telah memasuki minggu ketiga. Pejabat tinggi kemanusiaan PBB sedang menuju ke wilayah Sudan karena krisis kemanusiaan yang memburuk dengan cepat di negara yang dilanda konflik itu, kata Sekjen PBB. (Foto: dok. AFP)

KHARTOUM, SAT5UHARAPAN.COM-Turki akan memindahkan kedutaannya di Khartoum ke Port Sudan menyusul tembakan terhadap mobil duta besar Turki, kata Menteri Luar Negeri  Turki,Mevlut Cavusoglu, pada hari Sabtu (6/4).

“Dengan rekomendasi dari pemerintah transisi dan tentara Sudan, kami memutuskan untuk memindahkan kedutaan kami sementara ke Port Sudan untuk alasan keamanan,” kata Cavusoglu kepada wartawan di selatan kota Antalya.

Sebuah mobil duta besar Turki di Sudan mendapat serangan dari penyerang tak dikenal, meskipun tidak ada yang terluka, kata sumber diplomatik Turki pada hari Sabtu pagi.

Pembicaraan Damai di Jeddah

Sementara itu, kepala Pasukan Dukungan Cepat (RSF) Sudan mengkonfirmasi pada hari Sabtu bahwa kelompok paramiliter akan berpartisipasi dalam pembicaraan dengan angkatan bersenjata di Jeddah Arab Saudi.

Komandan Mohamed Hamdan Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia berharap pembicaraan akan "mencapai target yang diinginkan" untuk perjalanan yang aman bagi warga sipil.

Inisiatif Amerika Serikat dan Arab Saudi di kota Laut Merah itu adalah upaya serius pertama untuk mengakhiri tiga pekan pertempuran yang telah mengubah sebagian Khartoum menjadi zona perang dan menggagalkan rencana yang didukung internasional untuk mengantarkan pemerintahan sipil setelah bertahun-tahun kerusuhan dan pemberontakan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home