Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 14:40 WIB | Minggu, 21 November 2021

Monika Kembali Memiliki Empat Kaki

Sebuah gambar menunjukkan Monika, seekor anjing yang diamputasi dengan empat kaki palsu, di sebuah klinik hewan di Novosibirsk pada 19 November 2021. (Foto: Rostislav NETISOV/AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Monika, jenis anjing pelacak Rusia, siap untuk kehidupan barunya setelah dia mendapat empat kaki titanium palsu dalam operasi yang mahal dan rumit yang dibayar oleh kampanye pendanaan massal.

Dua pekan setelah prosedur, anjing kecil berbulu krem ​​​​masih lemah dan lelah, tetapi dia kembali berdiri. “Keberuntungan dan pengalaman memainkan perannya,” kata Sergei Gorshkov, dokter hewan yang menyelesaikan operasi yang menantang itu.

Pria berusia 33 tahun dari kota Novosibirsk, Siberia, telah memasang kaki palsu pada lebih dari 30 pasien berbulu, termasuk transplantasi empat kali lipat pada kucing. Tapi ini adalah pertama kalinya dia mencoba operasi pada seekor anjing.

Monika telah melakukan perjalanan jauh untuk operasi yang mengubah hidupnya ini. Dia ditemukan oleh sukarelawan di hutan dekat Krasnodar, sebuah kota di Rusia selatan 4.000 kilometer (2.485 mil) dari klinik Gorshkov.

Keempat kakinya adalah terpotong dan berdarah. “Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang terjadi padanya. Beberapa sukarelawan berpikir bahwa seseorang memotong kakinya karena kekejaman,” kata Gorshkov kepada AFP.

Monika, diperkirakan berusia antara dua dan empat tahun, bisa saja mengalami nasib seperti ribuan anjing liar yang ditemukan terluka: ditabrak atau dibiarkan mati. Untungnya, dia berakhir di tangan yang penuh perhatian dari Alla Leonkina, seorang sukarelawan dari Krasnodar.

Leonkina mengatakan bahwa selama hampir satu tahun dia dan seorang teman merawat Monika, yang berada dalam "kondisi yang mengerikan." Saat merawat Monika, dia mendengar tentang klinik Gorshkov dan meluncurkan kampanye online untuk mendanai operasi tersebut.

Dalam sebulan, mereka memiliki dana 400.000 rubel (sekitar Rp 77 juta), jumlah yang besar untuk Rusia.

Leonkina mengatakan bahwa Monika terbang ke Siberia duduk di sebelahnya di pesawat. Kampanye ini juga membiayai kaki prostetik titanium yang dibuat menggunakan printer 3D.

Gorshkov mengatakan bahwa tulang Monika akan tumbuh dan beradaptasi dengan anggota tubuh buatan “seperti tanduk rusa.” Dan begitu dia pulih, Monika akan bisa masuk ke rumah barunya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home