Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 09:32 WIB | Senin, 06 September 2021

Monyet di Sangeh, Bali Kekurangan Pangan Alkibat Pandemi

Monyet di Sangeh, Bali Kekurangan Pangan Alkibat Pandemi
Kera memakan pisang saat makan di Hutan Monyet Sangeh di Sangeh, Pulau Bali, Indonesia, Rabu (1/9). (Foto-foto: AP/Firdia Lisnawati)
Monyet di Sangeh, Bali Kekurangan Pangan Alkibat Pandemi
Made Mohon, manajer operasional Sangeh Monkey Forest, memberi makan kera dengan kacang sumbangan selama waktu makan di tempat wisata populer di Sangeh, Pulau Bali.
Monyet di Sangeh, Bali Kekurangan Pangan Alkibat Pandemi
Seorang pekerja memberi makan kera selama waktu makan di Hutan Monyet Sangeh di Sangeh, Pulau Bali, Indonesia, Rabu, 1 September 2021.
Monyet di Sangeh, Bali Kekurangan Pangan Alkibat Pandemi
Kera makan kacang sumbangan selama waktu makan di Hutan Kera Sangeh di Sangeh, Pulau Bali, Indonesia, Rabu, 1 September 2021.
Monyet di Sangeh, Bali Kekurangan Pangan Alkibat Pandemi
Penduduk setempat memberi makan kera dengan makanan yang mereka bawa ke Hutan Kera Sangeh di Sangeh, Pulau Bali, Indonesia, Rabu, 1 September 2021.
Monyet di Sangeh, Bali Kekurangan Pangan Alkibat Pandemi
Seorang pekerja menyiapkan pisang untuk memberi makan kera selama waktu makan di Hutan Monyet Sangeh di Sangeh, Pulau Bali, Indonesia, Rabu, 1 September 2021.

SANGEH, SATUHARAPAN.COM-Kehilangan sumber makanan pilihan mereka, pisang, kacang tanah, dan barang-barang lainnya yang dibawa oleh turis yang sekarang dijauhkan akibat pandemi virus corona, monyet-monyet lapar di pulau Bali ini menyerbu rumah-rumah penduduk desa dalam pencarian mereka untuk mendapat makanan.

Penduduk desa di Sangeh mengatakan kera ekor panjang abu-abu telah berkeliaran keluar dari cagar alam sekitar 500 meter (meter) untuk nongkrong di atap mereka dan menunggu waktu yang tepat untuk turun dan mengambil makanan ringan.

Khawatir serangan sporadis akan meningkat menjadi serangan monyet habis-habisan di desa, warga telah membawa buah, kacang, dan makanan lainnya ke Hutan Monyet Sangeh untuk mencoba menenangkan primate ini.

“Kami takut monyet-monyet lapar itu menjadi liar dan ganas,” kata warga desa Saskara Gustu Alit.

Sekitar 600 kera hidup di cagar alam hutan, berayun dari pohon pala yang tinggi dan melompat-lompat di sekitar Pura Bukit Sari yang terkenal, dan dianggap keramat.

Pada waktu normal kawasan hutan lindung ini populer di kalangan penduduk lokal untuk foto pernikahan, maupun di kalangan pengunjung internasional. Monyet yang relatif jinak dapat dengan mudah dibujuk untuk duduk di bahu atau pangkuan untuk mendapatkan kacang.

Biasanya, pariwisata adalah sumber pendapatan utama bagi empat juta penduduk Bali, yang menyambut lebih dari lima juta pengunjung asing setiap tahun sebelum pandemi.

Hutan Monyet Sangeh biasanya mendapat sekitar 6.000 pengunjung per bulan, tetapi ketika pandemi menyebar tahun lalu dan perjalanan internasional menurun drastis, jumlah itu turun menjadi sekitar 500 saja.

Sejak Juli, ketika Indonesia melarang semua pelancong asing ke pulau itu, dan menutup tempat untuk perlindungan bagi penduduk lokal juga, tidak ada seorang pun yang datang.

Itu juga berarti tidak ada yang membawa makanan tambahan untuk monyet-monyet itu, suaka itu juga kehilangan uang tiket masuk, dan kehabisan uang untuk membeli makanan bagi mereka, kata manajer operasi Made Mohon.

Sumbangan dari penduduk desa telah membantu, tetapi mereka juga merasakan kesulitan ekonomi dan secara bertahap memberi semakin sedikit, katanya. “Pandemi berkepanjangan ini di luar dugaan kami,” kata Made Mohon, “Makanan monyet jadi masalah.”

Biaya makanan mencapai sekitar 850.000 rupiah sehari, kata Made Mohon, untuk 200 kilogram singkong, makanan pokok kera, dan 10 kilogram pisang.

Kera adalah omnivora dan dapat memakan berbagai hewan dan tumbuhan yang ditemukan di hutan, tetapi monyet di Hutan Monyet Sangeh telah memiliki cukup kontak dengan manusia selama bertahun-tahun sehingga mereka tampaknya lebih menyukai hal-hal lain.

Dan mereka tidak takut untuk mengambil tindakan sendiri, kata Gustu Alit.

Seringkali, monyet berkeliaran di desa dan duduk di atap rumah, kadang-kadang melepaskan genteng dan menjatuhkannya ke tanah. Ketika penduduk desa mengeluarkan makanan persembahan keagamaan setiap hari di teras mereka, monyet-monyet itu melompat turun dan kabur membawanya.

“Beberapa hari lalu saya menghadiri upacara adat di pura dekat hutan Sangeh,” kata Gustu Alit. “Ketika saya memarkir mobil saya dan mengeluarkan dua kantong plastik berisi makanan dan bunga sebagai persembahan, dua monyet tiba-tiba muncul dan mengambil semuanya dan berlari ke hutan dengan sangat cepat.”

Biasanya, monyet menghabiskan sepanjang hari berinteraksi dengan pengunjung, mencuri kacamata hitam dan botol air, menarik pakaian, melompat-lompat, dan Gustu Alit berteori bahwa lebih dari sekadar lapar, mereka bosan.

“Makanya saya imbau warga desa di sini untuk datang ke hutan bermain dengan kera dan menawarkan mereka makanan,” katanya. “Saya pikir mereka perlu berinteraksi dengan manusia sesering mungkin agar mereka tidak menjadi liar.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home