Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:45 WIB | Rabu, 26 Oktober 2016

MPR: Nilai Luhur Pancasila Semakin Luntur

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Aktivis Mahasiswa (HAM) Sulsel berunjuk rasa memperingati hari Sumpah Pemuda di depan Kantor DPRD Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/10). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan nilai-nilai luhur Pancasila semakin luntur karena bangsa Indonesia terutama pemuda sudah melupakannya.

"Ini ditandai dengan munculnya sikap intoleran hinggga gerakan radikal di masyarakat," kata Zulkifli Hasan pada pembukaan Sosialisasi Empat Pilar yang diikuti para pemuda dari Jong Indonesia, di Ruang Nusantara V Komplek Gedung Parlemen, Jakarta, hari Rabu (26/10).

Sosialisasi Empat Pilar diikuti sekitar 200 orang dari sejumlah organisasi pemuda yang menamakan diri Jong Indonesia.

Menurut Zulkifli Hasan, bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sedangkan bangsa yang besar, kata dia, adalah bangsa yang saling percaya dan mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi.

"Indonesia memiliki nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan dan terbukti menjadi pemersatu bangsa Indonesia yakni Pancasila," katanya.

Sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa yang dituangkan dalam pembukaan UUD 1945, menurut dia, Indonesia dapat menjadi negara besar dan maju, dengan mengantarkan bangsanya menjadi sejahtera.

Namun, Zulkifli menyatakan sedih dan kecewa karena para pemuda banyak yang melupakan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

Sikap para pemuda yang semakin individual menunjukkan bahwa para pemuda semakin tidak peduli pada Pancasila. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home