Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:33 WIB | Senin, 04 April 2016

MTs Segera Terapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Antara/Rahmad)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM -  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan sekolah tingkat menengah pertama keagamaan Islam atau madrasah tsanawiyah (MTs) segera menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

"UNBK ini menggembirakan karena sudah ada untuk madrasah aliyah. Nantinya MTS agar bisa UNBK juga," kata Lukman di sela-sela peninjauan pelaksanaan UN 2016 Madrasah Aliyah (MA) atau sekolah tingkat menengah atas keagamaan Islam di Jakarta, Senin (4/4).

Lukman mengatakan, sejauh ini UNBK telah diterapkan di 85 MAN dari 759 yang ada secara nasional. Ke depan, UNBK diperluas termasuk ke ranah MTS.

UN MA berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia selama tiga hari, mulai Senin (4/4) hingga Rabu (6/4) mendatang. Mata pelajaran yang diujikan di UN MA adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mata pelajaran sesuai jurusan.

Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mata pelajaran yang diujikan meliputi Biologi, Fisika, dan Kimia. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Sedangkan untuk jurusan Bahasa dan Budaya, mata pelajaran yang diujikan adalah Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing (Bahasa Arab, Jepang, Jerman, Prancis, dan Mandarin). Untuk jurusan Keagamaan, mata pelajaran yang diujikan adalah Tafsir, Hadis, dan Fikih.

Ujian Nasional Berbasis Komputer, kata dia, merupakan bagian dari penerapan teknologi terkini dan kehadirannya tidak bisa dielakkan.

Menurut dia, ada manfaat yang didapat lewat UNBK. Beberapa di antaranya ujian jenis ini memiliki tingkat transparansi dan keakuratan yang tinggi.

Hal tersebut, lanjut dia, sejalan dengan upaya Kemenag untuk menjadikan ujian nasional sebagai wadah untuk meningkatkan prestasi dan menegakkan kejujuran.

"Ini penting. Lewat UNBK ini praktik tidak terpuji oleh berbagai kalangan, semakin bisa diminimalisasi, bahkan dihilangkan, tidak contek-mencontek atau melakukan hal tidak terpuji lainnya."

Selain itu, masih kata Menag, lewat UNBK akan lebih cepat diketahui hasilnya dan secara nasional bisa dievaluasi sedini mungkin. (Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home