Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 01:48 WIB | Sabtu, 16 April 2022

Mudik Lebaran 2022, Ada 23 Pintu Tol di Jawa Yang Rawan Kemacetan

Pintu tol. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyebut, ada 23 titik pintu tol yang rawan kepadatan kendaraan arus lalu lint as pada saat mudik lebaran 2022 mendatang. Puluhan titik itu diketahui berada di wilayah Jawa.

"Ada 23 gate tol yang rawan terjadi kepadatan. Di wilayah Banten ada dua, wilayah Jakarta atau Polda Metro ada dua, wilayah Jawa Barat ada tujuh, Jawa Tengah ada enam, dan Jawa Timur juga ada enam," kata Kapolri kepada wartawan, pada Kamis (14/4).

Dari 23 titik pintu tol yang menjadi rawan kepadatan arus lalu lintas, paling banyak diprediksi berada di wilayah Jawa Barat. Selain itu, nanti kemungkinan bakal ada enam titik bottle neck yang akan diberlakukan pada sepanjang jalur tol. Namun, hal ini bakal diberlakukan melihat situasi di lapangan terlebih dahulu.

"Namun pada saat mulai terjadi peningkatan arus lalu lintas ini menjadi masalah, karena ada perubahan dari empat lajur menjadi  dua, di ruas Jalan tol Tangerang-Merak KM 26," kata Kapolri.

Kemudian arah Cikampek mulai KM 48 sampai KM 50 ada perubahan lima lajur menjadi tiga lajur. Kemudian di Cikampek KM 31-KM 37 ada perubahan dari empat lajur menajdi tiga lajur. Seterusnya, di KM 70-KM 72, tiga lajur menjadi dua lajur.

"Arah Jakarta dan sebaliknya ada enam lajur menjadi tiga lajur. Pada saat arus balik nanti dan di KM 54 dari lima lajur menjadi tiga lajur," kata Kapolri.

Hal tersebut merupakan potensi perlambatan gerak kendaraan dan juga potensi terjadi kemacetan yang memang harus diurai.

"Karena tahun ini kita melihat bahwa yang akan mudik sangat banyak…, Saya harapkan ini semua dipersiapkan, sehingga masyarakat bisa betul-betul mendapat kemudahan pada saat melakukan mudik," kata Kapolri.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home