Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 09:57 WIB | Kamis, 02 Oktober 2014

Musim Haji, Selfie di Mekah Jadi Tren

Musim Haji, Selfie di Mekah Jadi Tren
Seorang berfoto di dekat Kakbah. (Foto-foto: Twitter.com)
Musim Haji, Selfie di Mekah Jadi Tren
Seorang jemaah haji berfoto selfie bersama jemaah lain.
Musim Haji, Selfie di Mekah Jadi Tren
Berfoto selfie di dekat Kakbah.

MEKAH, SATUHARAPAN.COM – Selfie sudah jadi gaya hidup dalam era modern.  Dan, kebiasaan ini menyusup pada haji tahun ini.

Jutaan peziarah Muslim akan melakukan perjalanan ke Mekah untuk haji antara 1-6 Oktober tahun ini. Mereka akan melakukan serangkaian ritual yang kompleks yang mencakup mengelilingi Kakbah suci dan berjalan tujuh kali antara bukit Safa dan Marwa—dan banyak akan mengambil ponsel mereka sekarang dan kemudian mengambil foto diri mereka dengan latar ritual Rukun Kelima dalam agama Islam ini.

Pengunjung Mekah memiliki banyak hal lain yang perlu dikhawatirkan, dari ancaman teror hingga wabah MERS, dan virus ebola, tapi di sisi lain, foto selfie adalah intrusi yang ditakuti di tempat suci. Arab News baru-baru ini menulis tentang debat antara ulama dan jemaah yang menyebut praktik ini sebagai “perilaku turis” dan “kegenitan”.

Ulama Sheikh Assim Al-Hakeem, yang berbasis di Jeddah, berpendapat bahwa selfie bertentangan dengan semangat haji:

“Fotografi tanpa alasan yang sah adalah masalah sengketa di antara ulama. Namun, meskipun perbedaan pendapat, tidak boleh ada perselisihan apa pun ketika datang ke arti sebenarnya Haji dan esensi di balik itu. Hal ini didasarkan pada ketulusan dan mengikuti sunnah. Nabi Muhammad (saw) ketika ia pergi untuk haji, ia berkata: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar pada ziarah ini aku dijauhkan dari kesombongan dan memamerkan diri.” Mengambil selfie tersebut dan video bertentangan dengan kehendak Nabi. “

Al-Hakeen mungkin ada benarnya. Penelitian psikolog Peggy Drexler berpendapat dalam media Psychology Today 2013 bahwa selfie mungkin sinyal narsisme.

“Ada perasaan subjek selfie merasa seolah-olah diri mereka sedang membintangi reality show mereka sendiri, dengan rasa meningkat diri,” tulis Drexler.

Sebuah artikel Psychology Today dari Pamela Rutledge, Direktur Media Psychology Research Center di Fielding Graduate University, mengambil pendekatan yang berbeda. Selfie, katanya, adalah kasual dan tanpa perantara, memungkinkan orang jauh dan luas untuk merasa bahwa mereka adalah bagian dari sesuatu yang bahkan jika mereka tidak tempat itu.

“Pada umumnya, selfie adalah produk dari kegembiraan saat itu dan memungkinkan komunikasi langsung dari individu di tempat kejadian,” tulis Rutledge.

Terlepas dari debat foto selfie, kita juga bisa dialami sendiri mengalami Piala Dunia, konser, dan pertemuan lain melalui kegembiraan visual jutaan “orang-orang biasa” dari seluruh dunia, daripada melihat ke acara yang telah diedit dengan estetika dan cerita dari fotografer profesional.

Memang, foto dari fotografer profesional biasanya berkualitas lebih tinggi, tetapi selfie membuat seakan kita “berada di sana” dengan mereka. Berapa kali Anda berharap Anda bisa berbagi sejenak dengan seseorang jauh? Sekarang Anda bisa, dalam sekejap.

Mekah terlarang bagi non-Muslim, sehingga bagi mereka dan setiap Muslim yang tidak dapat melakukan perjalanan karena alasan ekonomi atau kesehatan, foto ini menawarkan sekilas di dalam sebuah wilayah yang tidak diketahui. Bahkan sebenarnya ada aplikasi 3D yang tersedia bagi mereka yang tertarik untuk pergi pada “haji virtual.”

Argumen lain dari pengkritik selfie adalah bahwa gencarnya orang mengambil foto dapat mengganggu dan dapat menyebabkan keributan yang tidak semestinya—terutama dengan dua juta orang yang berusaha melakukan ritual haji.

“Aku berusaha untuk berdoa Jumma di Masjid Al-Haram tapi beberapa orang terus datang di depan saya untuk  mengambil gambar khotbah dengan kamera mereka,” kata seorang peziarah Arab News. “Kekhusyukan dalam situasi seperti ini hilang sudah.”

Mekah telah berubah secara dramatis selama satu abad terakhir, dan mungkin selfie hanyalah bunga-bunga di era abad ke-21 ke situs kuno ini. Bisa lebih baik atau lebih buruk. (huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home