Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:32 WIB | Senin, 07 Februari 2022

Myanmar: Karena Ancaman, Keluarga Putuskan Hubungan dengan Anggota Oposisi

Foto diambil pada 11 Januari 2022 menunjukkan Tentara Pembebasan Nasional Taaung (TNLA), sebuah kelompok bersenjata etnis Palaung, berlatih berbaris sehari sebelum mereka menandai peringatan 59 tahun Hari Perlawanan Nasional Taaung di distrik Tangyan di negara bagian Shan, Myanmar . (Foto: dok. AFP)

YANGON, SATUHARAPAN.COM-Setiap hari selama tiga bulan terakhir, rata-rata enam atau tujuh keluarga di Myanmar telah memasang pemberitahuan di surat kabar milik negara yang menyatakan memutuskan hubungan dengan putra, putri, keponakan, dan cucu yang secara terbuka menentang junta militer yang berkuasa.

Pemberitahuan mulai eperti itu mulai muncul pada bulan November setelah tentara, yang merebut kekuasaan dari pemerintah Myanmar yang dipilih secara demokratis setahun yang lalu, mengumumkan akan mengambil alih properti dan menangkap orang-orang yang memberi perlindungan kepada pengunjuk rasa. Kemudian tentara melakukan puluhan aksi penggerebekan di rumah-rumah.

Lin Lin Bo Bo, mantan penjual mobil yang bergabung dengan kelompok bersenjata yang menentang kekuasaan militer, adalah salah satu dari mereka yang tidak diakui oleh orang tuanya dalam sekitar 570 pemberitahuan yang ditinjau oleh Reuters.

"Kami menyatakan bahwa kami tidak mengakui Lin Lin Bo Bo karena dia tidak pernah mendengarkan kehendak orang tuanya," kata pemberitahuan yang diposting oleh orang tuanya, San Win dan Tin Tin Soe, di surat kabar milik negara The Mirror pada bulan November.

Berbicara kepada Reuters dari kota perbatasan Thailand di mana dia tinggal setelah melarikan diri dari Myanmar, perempuan berusia 26 tahun itu mengatakan bahwa ibunya mengatakan kepadanya bahwa dia tidak mengakuinya setelah tentara datang ke rumah keluarga mereka untuk mencarinya. Beberapa hari kemudian, dia berkata bahwa dia menangis ketika membaca pemberitahuan di koran.

"Rekan-rekan saya mencoba meyakinkan saya bahwa keluarga tidak dapat terhindarkan untuk melakukan itu di bawah tekanan," katanya kepada Reuters. “Tapi aku sangat patah hati.” Dihubungi oleh Reuters, orang tuanya menolak berkomentar.

Menargetkan Keluarga Oposisi

Menargetkan keluarga aktivis oposisi adalah taktik yang digunakan oleh militer Myanmar selama kerusuhan tahun 2007 dan akhir 1980-an tetapi telah digunakan jauh lebih sering sejak kudeta 1 Februari 2021, menurut Wai Hnin Pwint Thon, petugas advokasi senior di kelompok hak asasi manusia Burma Campaign, yang menggunakan nama lama Myanmar untuk bekas jajahan Inggris.

Menolak anggota keluarga secara terbuka, yang memiliki sejarah panjang dalam budaya Myanmar, adalah salah satu cara untuk menanggapinya, kata Wai Hnin Pwint Thon, yang mengatakan dia melihat lebih banyak pemberitahuan seperti itu di media daripada di masa lalu.

“Anggota keluarga takut terlibat dalam kejahatan,” katanya. “Mereka tidak ingin ditangkap, dan mereka tidak ingin mendapat masalah.”

Seorang juru bicara militer tidak menanggapi pertanyaan Reuters untuk cerita ini. Mengomentari pemberitahuan tersebut dalam konferensi pers pada bulan November, juru bicara militer, Zaw Min Tun, mengatakan bahwa orang-orang yang membuat pernyataan seperti itu di surat kabar masih dapat dituntut jika terbukti mendukung oposisi terhadap junta.

Tindakan Keras Junta Militer

Ratusan ribu orang di Myanmar, banyak dari mereka yang masih muda, turun ke jalan untuk memprotes kudeta setahun lalu. Setelah tindakan keras terhadap demonstrasi oleh tentara, beberapa pengunjuk rasa melarikan diri ke luar negeri atau bergabung dengan kelompok-kelompok bersenjata di bagian-bagian terpencil negara itu. Dikenal sebagai Pasukan Pertahanan Rakyat, kelompok-kelompok ini secara luas bersekutu dengan pemerintah sipil yang digulingkan.

Selama tahun lalu, pasukan keamanan telah membunuh sekitar 1.500 orang, banyak dari mereka demonstran, dan menangkap hampir 12.000 orang, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sebuah kelompok pemantau. Militer mengatakan angka-angka itu dibesar-besarkan.

Wartawan So Pyay Aung mengatakan kepada bahwa dia memfilmkan polisi anti huru-hara menggunakan tongkat dan perisai untuk membubarkan protes dan menyiarkan langsung video tersebut di situs web berita Suara Demokratik Burma. Setelah pihak berwenang datang mencarinya, dia mengatakan dia bersembunyi di berbagai lokasi di Myanmar sebelum melarikan diri ke Thailand bersama istri dan bayi perempuannya. Dia tidak diakui oleh ayahnya pada bulan November.

“Saya menyatakan bahwa saya tidak mengakui putra saya karena dia melakukan aktivitas yang tidak dapat dimaafkan yang bertentangan dengan kehendak orang tuanya. Saya tidak akan memiliki tanggung jawab apa pun terkait dengan dia,” kata pemberitahuan yang diposting oleh ayahnya, Tin Aung Ko, di surat kabar milik negara Myanma Alinn.

“Ketika saya melihat surat kabar yang menyebutkan pemutusan hubungan dengan saya, saya merasa sedikit sedih,” kata So Pyay Aung. “Tetapi saya mengerti bahwa orang tua saya takut akan tekanan. Mereka mungkin khawatir rumah mereka akan disita atau ditangkap.” Ayahnya, Tin Aung Ko, menolak berkomentar.

Dua orang tua yang tidak mengakui anak-anak mereka dalam pemberitahuan serupa, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut menarik perhatian militer, mengatakan bahwa pemberitahuan itu terutama dimaksudkan untuk mengirim pesan kepada pihak berwenang bahwa mereka seharusnya tidak bertanggung jawab atas tindakan anak-anak mereka.

“Putri saya melakukan apa yang dia yakini, tetapi saya yakin dia akan khawatir jika kami mendapat masalah,” kata seorang ibu. "Saya tahu dia bisa mengerti apa yang telah saya lakukan padanya."

Lin Lin Bo Bo berkata, dia berharap suatu hari bisa pulang dan menghidupi keluarganya. "Saya ingin revolusi ini berakhir secepat mungkin," katanya. Reunifikasi semacam itu mungkin terjadi untuk beberapa keluarga yang terkoyak dengan cara ini, menurut Wai Hnin Pwint Thon, aktivis hak asasi manusia.

"Kecuali mereka melakukannya dengan benar dengan pengacara dan surat wasiat, maka hal-hal ini tidak benar-benar dihitung secara hukum," katanya tentang pemberitahuan yang tidak diakui. “Setelah beberapa tahun, mereka bisa kembali menjadi keluarga.”

Jadi Pyay Aung, wartawan, mengatakan dia khawatir perpisahannya dengan orang tuanya akan permanen. "Saya bahkan tidak punya rumah untuk kembali setelah revolusi," katanya. “Saya sangat khawatir sepanjang waktu karena orang tua saya ditinggalkan di bawah rezim militer.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home