Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:19 WIB | Selasa, 07 Desember 2021

Myanmar: Kendaraan Militer Tabrak Demonstran, Lima Tewas

Beberapa anggota kelompok pemuda menggelar unjuk rasa flash mob untuk memprotes pemerintahan militer Jenderal Senior Min Aung Hlaing di perkampungan Pabedan di Yangon, Myanmar pada hari Selasa, 30 November 2021. (Foto: dok.AP)

YANHGON, SATUHARAPAN.COM-Lima orang tewas dan sedikitnya 15 ditangkap setelah pasukan keamanan Myanmar di dalam mobil menabrak kelompok protes anti kudeta pada hari Minggu (5/12) di Yangon, menurut laporan portal berita lokal Myanmar Now.

Saksi mata di tempat kejadian mengatakan kepada Reuters, puluhan orang terluka. Foto dan video di media sosial menunjukkan kendaraan yang menabrak pengunjuk rasa dan mayat tergeletak di jalan. Protes lain diadakan di Yangon pada sore hari meskipun terjadi kekerasan beberapa jam sebelumnya.

Protes anti militer terus berlanjut meskipun pembunuhan lebih dari 1.300 orang terjadi sejak kudeta 1 Februari. Protes yang tersebar seringkali merupakan kelompok kecil yang menyuarakan penentangan terhadap penggulingan pemerintahan terpilih yang dipimpin oleh peraih Nobel Perdamaian, Aung San Suu Kyi, dan kembalinya kekuasaan militer.

Pemerintah bayangan oposisi mengatakan sangat sedih melihat pengunjuk rasa damai jatuh dan ditembak mati. “Kami sangat menanggapi bahwa militer teroris yang secara brutal, tidak manusiawi membunuh para pengunjuk rasa damai yang tidak bersenjata,” kata kementerian pertahanan Pemerintah Persatuan Nasional dalam sebuah pernyataan di media sosial setelah serangan hari Minggu.

Dalam insiden itu, protes "flash mob" di Yangon, kota terbesar Myanmar, ditabrak beberapa menit setelah dimulai, kata saksi mata.

“Saya tertabrak dan jatuh di depan truk. Seorang tentara memukuli saya dengan senapannya, tetapi saya membela dan mendorongnya mundur. Lalu dia langsung menembakku saat aku kabur dengan pola zig-zag. Untungnya, saya lolos,” kata seorang pengunjuk rasa yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan kepada Reuters melalui telepon.

Sebuah mobil yang ditumpangi oleh tentara menabrak kerumunan dari belakang, kata dua saksi, dan mengikuti pengunjuk rasa yang tersebar, menangkap dan memukuli mereka. Beberapa terluka parah dengan luka di kepala dan tidak sadarkan diri, menurut para saksi.

Seorang juru bicara junta yang berkuasa tidak menjawab telepon yang meminta komentar pada hari Minggu.

Militer telah mengatakan bahwa pengunjuk rasa yang telah terbunuh menghasut kekerasan. Dikatakan mereka melakukan kudeta karena pemilihan bulan November yang dimenangkan oleh partai Suu Kyi dicurangi. Komisi pemilihan telah menolak pernyataan itu.

Perang dengan pemberontak etnis minoritas di daerah perbatasan terpencil di utara dan timur telah meningkat secara signifikan sejak kudeta, menggusur puluhan ribu warga sipil, menurut perkiraan PBB.

Suu Kyi, 76 tahun, menghadapi belasan kasus termasuk hasutan dan pelanggaran protokol COVID-19. Dia telah menolak semua tuduhan sampai saat ini. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home