Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:51 WIB | Selasa, 01 Juni 2021

NASA Rilis Gambar Pusat Galaksi Bima Sakti

NASA Rilis Gambar Pusat Galaksi Bima Sakti
Gambar sinar-X dan frekuensi radio warna yang disediakan oleh NASA, hari Jumat (28/5) menunjukkan gas super panas dan medan magnet di pusat galaksi Bima Sakti. (Foto: NASA)
NASA Rilis Gambar Pusat Galaksi Bima Sakti

CAPE CANAVERAL, SATUHARAPAN.COM-NASA (National Aeronautics and Space Administration) merilis gambar baru yang menakjubkan tentang "pusat kota" galaksi kita yang penuh kekerasan dan energi super.

Ini adalah gabungan dari 370 pengamatan selama dua dekade terakhir oleh Observatorium Sinar-X Chandra yang mengorbit, yang menggambarkan miliaran bintang dan lubang hitam yang tak terhitung jumlahnya di pusat, atau jantung, Bima Sakti. Sebuah teleskop radio di Afrika Selatan juga berkontribusi pada gambar tersebut, sebagai kontras.

Astronom Daniel Wang dari University of Massachusetts Amherst mengatakan pada hari Jumat (28/5) bahwa dia menghabiskan satu tahun mengerjakan ini sementara terjebak di rumah selama pandemi.

“Apa yang kita lihat dalam gambar adalah ekosistem yang penuh kekerasan atau energik di pusat galaksi kita,” kata Wang melalui email. “Ada banyak sisa supernova, lubang hitam, dan bintang neutron di sana. Setiap titik atau fitur sinar-X mewakili sumber energi, yang sebagian besar berada di tengah.”

Pusat galaksi yang sibuk dan berenergi tinggi ini berjarak 26.000 tahun cahaya. Karyanya ini muncul di Bulanan Notices of the Royal Astronomical Society edisi Juni.

Diluncurkan pada tahun 1999, Chandra berada dalam orbit oval yang ekstrim di sekitar Bumi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home