Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 16:33 WIB | Senin, 10 Februari 2014

Nasihat Ayah Penderita Tumor pada Putrinya yang Menderita Kanker

Nasihat Ayah Penderita Tumor pada Putrinya yang Menderita Kanker
Tom Attwater, Joely Smith, dan Kelli Smith. (Foto: mirror.co.uk)
Nasihat Ayah Penderita Tumor pada Putrinya yang Menderita Kanker
Tom, Joely, dan Kelli saat diundang ITV pada Rabu (5/2). (Foto: itv.com)
Nasihat Ayah Penderita Tumor pada Putrinya yang Menderita Kanker
Contoh gelang yang dijual untuk menghimpun dana pengobatan Kelli ini bertuliskan The Kelli Smith Appeal Helping Her Beat Cancer. (Foto: Twitter @Kellisappeal)
Nasihat Ayah Penderita Tumor pada Putrinya yang Menderita Kanker
Poster pencarian dana tahun 2013. (Foto: Twitter @Kellisappeal)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Tom Attwater penderita tumor otak memberi “nasihat sebagai seorang ayah” untuk warisan bagi putri tirinya, Kelli (5 tahun) yang juga menderita kanker.

Tom (31 tahun) bertemu dengan Joely Smith (26 tahun), seorang orangtua tunggal dengan putri semata wayangnya, Kelli—saat itu berusia dua tahun. Kelli telah berjuang melawan kanker sejak berusia tiga bulan. Tom  segera menjadi sosok ayah bagi gadis kecil itu dan mereka hidup bertiga di Sutton Coldfield, West Midlands.

Setelah berhasil mengatasi penyakit ini dua kali, Kelli kini kembali membutuhkan perawatan yang mahal di Amerika Serikat (AS) karena sel kanker kembali ditemukan dalam tubuhnya. Keadaan keluarga tersebut diperburuk ketika Tom sendiri didiagnosa menderita tumor otak dan diperkirakan memiliki harapan hidup yang kecil.

Dengan kondisinya yang sakit itu, Tom bertekad untuk mengumpulkan uang sebesar £500,000 (Rp 9,9 miliar) agar ketika ia meninggal, Kelli dapat menggunakan uang itu untuk berobat ke luar negeri, demikian yang diceritakan Tom kepada ITV pada Rabu (5/2).

Melalui akun Twitter @Kellisappeal, Tom juga menghimpun dukungan dana dari penjualan gelang yang bertuliskan “The Kelli Smith Appeal Helping Her Beat Cancer”. Gelang tersebut dijual seharga £2 (Rp 38,000).

Mirror melaporkan pada Sabtu (8/2) bahwa sejak mengangkat kisah Tom dan Kelli pada Desember, para pembaca Mirror telah mengumpulkan £40,000 (Rp 798 juta), sehingga kini dana bantuan pengobatan Kelli telah mencapai £210,000 (Rp 4 miliar), mencapai 42 persen dari target.

Tom merasa bahwa ia tidak akan ada untuk turut menyaksikan pertumbuhan Kelli.

“Tumor saya terus berkembang dan saya tidak memiliki kesempatan apa pun, namun masih banyak yang dapat dilakukan untuk kesembuhan Kelli,” ujar Tom.

Untuk itu, Tom meninggalkan warisan sebuah surat berisi “nasihat seorang ayah” sebagai tuntunan bagi Kelli dalam menjalani hari-harinya. Demikian isi suratnya:

Kelli Sayang

Maaf karena ayah tidak akan bisa melihatmu bertumbuh seperti yang ayah harapkan. Tolong jangan menyalahkan orang atau dunia karenanya. Ada banyak keberuntungan dalam hidup dan hidup ayah sudah hampir habis.

Ayah berharap ayah memiliki kata-kata untuk membuatmu merasa lebih baik. Ayah harap, ayah tidak memiliki kanker dan kamu tidak perlu menyaksikan ayah kesakitan seperti yang sering kamu lihat saat ini. Ayah berharap banyak hal berbeda tapi semuanya tetap sama.

Kebanyakan para ayah dan putrinya memiliki banyak waktu untuk mengobrol di meja dapur, menghangatkan tangan mereka dengan secangkir kopi hangat, seperti ayah yang memberikan nasihat dan putrinya memutar bola matanya. Kita memang tidak memiliki waktu seperti itu. Ayah tidak akan bisa mengantarmu pada hari pertama di sekolah lanjutan, menjemputmu setelah kencan pertamamu, merangkulmu saat hatimu sakit atau menyemangatimu ketika lulus.

Namun selama ayahmu yang tua ini masih ada, ayah akan mencoba memberimu beberapa saran untuk menjalani kehidupanmu dalam satu surat ini. Ayah harap ini akan memberikanmu kenyamanan. Ayah harap kanker tidak akan pernah kembali lagi dalam hidupmu selamanya, sehingga hidupmu bahagia.

Sekolah. Semua orang akan mengatakan adalah hal yang penting untuk bekerja keras di sekolah. Ayah berharap kamu selalu melakukan yang terbaik. Ayah juga melakukan yang baik saat sekolah, tapi apakah itu memberi banyak kebaikan dalam hidup? Tidak selalu. Sekolah adalah hal yang penting, tapi pastikan kamu juga bersenang-senang.

Laki-laki. Ada masanya kamu tidak banyak membuat perbedaan antara perempuan dan laki-laki, dan melihat semua anak sebagai teman. Itu memang sifat manismu. Tapi Kel, itu akan berubah seiring pertambahan usiamu. Selama beberapa tahun, kamu akan melihat mereka sebagai teman sekelas yang bau dan mengganggu. Namun mungkin di sekolah menengah, kamu akan menyadari bahwa mereka dapat menjadi orang yang cukup manis.

Kamu akan memiliki pacar ketika kamu lebih dewasa – ayah berharap benar-benar dewasa! – dan ayah tidak akan ada di sini untuk menanyakan maksud dan niat mereka. Jadi ini beberapa saran dari laki-laki tuamu ini. Sangat sulit untuk menggambarkan bagaimana rasanya benar-benar jatuh cinta. Kamu mungkin ingat saat melihat ayah dan ibumu tertawa bersama dan saling berpelukan di sofa, dan begitulah bagaimana cinta sejati terlihat. Bersenang-senanglah dalam menemukannya.

Selalu cari laki-laki yang memiliki nilai kelembutan, tata krama, dan rasa hormat. Bayangkan mereka menikmati teh dan berbincang dengan keluarga kita di sekeliling meja. Dan jika kamu pikir mereka cocok, kamu telah menemukan laki-laki muda yang baik.

Sayangnya, kamu akan merasakan patah hati suatu saat. Rasanya sakit seperti di neraka dan seakan dunia telah berakhir. Tapi kamu akan mampu melaluinya. Dan bahkan jika percintaanmu tidak berhasil, cobalah untuk tetap bersikap baik. Laki-laki juga memiliki perasaan. Terakhir, jika kamu memiliki teman laki-laki yang spesial yang selalu ada untukmu ketika pacarmu datang dan pergi, jangan menyia-nyiakannya. Jangan mengabaikannya. Ia mungkin sangat peduli padamu.

Pernikahan. Ayah sering memimpikan bagaimana hari pernikahanmu dan membayangkan ayah menangis saat berjalan menyusuri lorong bersamamu sebelum membiarkanmu pergi. Ayah tidak akan bisa melakukannya, Kelli. Maafkan ayah, sayang. Tapi ayah akan menyaksikannya di balik bahumu pada hari itu, merasa bangga dan bahagia kamu telah menemukan orang spesial untuk mencintai dan merawatmu.

Ayah berandai kamu akan memainkan lagu yang kamu sebut “the family song” (yang sebenarnya berjudul I’ll Be There oleh The Jackson 5). Ini lagu yang sangat berarti bagi masa pertumbuhan ayah dan saudara-saudara ayah, dan ayah tahu ini juga berarti bagimu. Ayah akan ada (I’ll be there, Red.) pada hari pernikahanmu, melalui roh.

Ibu. Kamu dan ibumu akan sering berdebat, terutama ketika kamu remaja. Tolong ingat bahwa ibu mencintaimu dan menginginkan yang terbaik untukmu. Berikan pelukan untuk ibu ketika ia merasa sedih dan saling menolonglah dalam menghadapi masa-masa buruk ketika ayah pergi. Ketika kamu remaja, mungkin kamu akan berpikir teman-temanmu benar dan ibumu salah. Tapi ibu harus membuat keputusan yang berat untukmu dan, lebih daripada teman yang pernah kamu miliki, menyimpan keinginanmu dalam hatinya. Perlakukan ia dengan baik.

Keluarga. Tidak ada yang lebih penting dibandingkan dengan keluarga dan nilai yang diberikannya pada kita.

Teman. Perlakukan orang sebagaimana mereka memperlakukanmu. Bersikap baiklah pada semua orang yang menolongmu, selalu. Bullying adalah hal yang mengerikan – jangan pernah melakukannya.

Natal dan Ulang Tahun. Pada Natal pertamamu tanpa ayah, ayah akan sangat senang jika kamu dan ibu menyalakan sebuah lilin dan mengenang ayah untuk beberapa menit. Akan sangat baik jika kalian berdua melakukan tarian monyet bersama. Melompat dan menggoyangkan pantat selalu membuat kita tertawa. Itu adalah hal yang akan membuat ayah tersenyum dari atas sana. Ayah juga akan senang jika kalian mengunjungi orang tua ayah pada Boxing Day (hari membuka kado Natal) karena mereka juga akan merasa sedih.

Ayah telah memberikan Nanny Sue hadiah untuk setiap ulang tahunmu. Ayah berharap bisa berada di sana untuk melihatmu membukanya. Ayah harap kamu akan menyukainya karena ayah sulit membayangkanmu saat berusia 10, 15, dan 20 tahun. Ayah ingin tahu apakah kamu masih tetap menyukai One Direction. Ayah ingin tahu apakah mereka masih bisa membuatmu menari-nari mengelilingi ruang tamu.

Karir. Kamu berusia dua tahun ketika mengatakan keinginanmu menjadi “putri astronot” agar kamu bisa mengenakan pakaian indah dan menemukan planet-planet baru. Mungkin kini kamu menyadari bahwa itu tidak mungkin. Tapi masih banyak hal yang mungkin bagimu, sayang. Lakukan apa yang membuatmu senang dan dapat kamu nikmati. Jika kamu melakukannya, hidup tiba-tiba akan menjadi jauh lebih mudah.

Kamu mungkin perlu memulai beberapa karir berbeda untuk menemukan yang dapat kamu nikmati, tapi biarlah. Satu kehidupan, satu kesempatan.

Tata Krama. Ingat selalu mengucapkan “tolong” dan “terima kasih”. Alasan ayah dan ibu mengajarkan tata krama adalah karena ini akan menolongmu melalui kehidupanmu. Selalu bersikap sopan, terutama pada yang lebih tua. Jangan pernah menaruh pisau di mulutmu. Ingat untuk menulis surat ucapan terima kasih untuk hadiah dan kebaikan karena adalah hal baik untuk selalu berterima kasih dan bersyukur. (Dan tolong catat bahwa lelucon kotoran hanya lucu ketika kamu berusia lima tahun, dasar kamu gadis kecil berpipi tembam!)

Belajar Berkendara. Kebanyakan ayah mengajari putrinya berkendara dan biasanya pernah jatuh dalam proses itu. Pastikan kamu belajar berkendara sesegera mungkin – ini membuka dunia di hadapanmu. Juga pastikan bukan ibu yang mengajarimu (hanya bercanda, Joely).

Bepergian ke Luar Negeri. Mengatakan bepergian akan memperluas wawasan adalah hal yang klise, namun ini benar. Lihatlah dunia sebanyak yang kamu bisa. Tapi jangan pernah dengan menggunakan motor (terlalu bahaya).

Be Happy. Kamu tidak pernah tertawa 50 persen, kamu selalu tertawa 100 persen. Tawamu mengambil alih seluruh tubuhmu. Ayah harap kamu tidak akan pernah kehilangan tawamu. Tidak ada gunanya memintamu untuk tidak bersedih ketika ayah pergi. Ayah tahu kamu akan sedih, putri. Dan ayah berharap bisa ada di sana untuk merangkulmu dan berbaring bersamamu sampai kamu tersenyum lagi. Ingat boneka Eeyore Teddy yang ayah belikan untukmu di toko amal? Kamu bilang kamu akan menjaganya untuk tetap aman dan memeluknya ketika kamu merindukan ayah. Itu ide yang bagus. Kamu dapat merasa sedih dan menjadikan kesedihanmu sebagai motor penggerak. Atau kau hanya dapat sedih saja. Kamu tahu yang mana yang ayah harap kamu pilih.

Menjadi Dermawan. Berdermalah pada acara-acara amal. Kegiatan amal telah begitu baik pada ayah dan padamu. Kamu mungkin ingat perjalanan kita ke Disneyland. Tapi ayah tidak akan pernah melupakan pengorbanan banyak orang untuk membayar biaya perawatanmu ketika kanker datang kembali. Orang dewasa mengirimkan kartu doa dan catatan £10 (Rp 190 ribu). Banyak kepala telah dicukur, jarak bermil-mil telah ditempuh dengan berlari. Semuanya dukungan untukmu. Penting untuk membayarnya kembali. Melakukan hal baik akan mengangkat jiwamu. Jangan pernah lupa ada orang-orang yang lebih menderita darimu yang bisa kamu bantu.

Ingat moto hidupmu. Selalu mencoba. Kamu mungkin ingat ayah mengajarkanmu mengatakan “menyerah adalah untuk pecundang”. Ayah pernah gagal beberapa kali dalam hidup ayah, namun ayah tidak pernah menyerah. Kelli, jangan pernah menyerah.

Percaya pada dirimu. Dalam hidup, banyak orang akan mengatakan kamu tidak bisa melakukan beberapa hal. Kamu yang menentukan hidupmu. Bisakah kamu melakukannya? Inginkah kamu? Tantangan besar mengandung risiko, jadi buatlah pilihan yang cerdas. Mereka yang mengatakan ayah tidak bisa melakukan beberapa hal tidak menginginkan ayah melakukannya. Jika kamu menginginkan sesuatu, semuanya hampir selalu mungkin, jadi lakukanlah yang terbaik. Ayah yakin ada banyak hal yang dapat kamu capai.

Ayah tahu kamu akan membuat ayah bangga dan melakukan sesuatu yang hebat dalam ingatan ayah. Ayah tahu kamu dapat melakukannya, jadi mulailah sekarang.

Dan akhirnya... Terima kasih telah menjadi dirimu, Kelli. Terima kasih telah memberikan ayah hadiah terbesar sepanjang waktu dengan memanggilku “Ayah”. Memilikimu sebagai putri ayah adalah kehormatan terbesar dalam hidup ayah. Terima kasih telah mengajar ayah lebih banyak tentang cinta dan kebahagiaan lebih daripada yang orang lain lakukan.

Nikmati hidupmu. Jangan tergesa-gesa menjalaninya. Ayah akan menunggu.

Seluruh cinta ayah, selalu untukmu putri dan ibu. (mirror.co.uk/itv.com/Twitter)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home