Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:40 WIB | Sabtu, 21 Agustus 2021

NATO: 12.000 Telah Dievakuasi dari Afghanistan

Warga Afghanistan berkumpul di pinggir jalan dekat bagian militer bandara di Kabul pada hari Jumat 20 Agustus 2021, berharap untuk melarikan diri dari negara itu setelah militer Taliban mengambil alih Afghanistan. (Foto: dok. AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 12.000 orang asing dan warga Afghanistan yang bekerja untuk kedutaan besar dan kelompok bantuan internasional telah dievakuasi dari Afghanistan sejak Taliban memasuki ibu kota, Kabul, kata seorang pejabat NATO, hari Jumat (20/8).

"Proses evakuasi lambat, karena berisiko, karena kami tidak ingin bentrokan dalam bentuk apa pun dengan anggota Taliban atau warga sipil di luar bandara," kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada Reuters.

Di tengah kekacauan dan laporan kekerasan oleh Taliban, negara-negara Barat telah berjuang untuk meningkatkan kecepatan evakuasi sejak pengambilalihan gerakan itu hanya sepekan yang lalu.

Taliban tidak mengakui tanggung jawab atas kekacauan di bandara, yang dikepung oleh ribuan orang yang putus asa untuk melarikan diri, dengan mengatakan Barat bisa memiliki rencana yang lebih baik untuk mengungsi.

Sedikitnya 12 orang tewas di dalam dan di sekitar bandara sejak hari Minggu (15/8), kata pejabat NATO dan Taliban, ketika Taliban yang membawa senjata di sekitarnya mendesak mereka yang tidak memiliki dokumen perjalanan untuk pulang.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home