Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:48 WIB | Senin, 16 Agustus 2021

NATO Jaga Bandara Kabul, Fasilitasi Evakuasi Warga Asing

NATO Jaga Bandara Kabul, Fasilitasi Evakuasi Warga Asing
Foto dari Kementerian Pertahanan pada hari Minggu (15/8), anggota Brigade Serangan Udara ke-16 tiba di Kabul sebagai bagian dari 600 pasukan Inggris yang dikirim untuk membantu operasi untuk menyelamatkan warga negara Inggris di Afghanistan di tengah memburuknya situasi keamanan di sana. (Foto: Leading Hand Ben Shrread/Kementerian Pertahanan via AP)
NATO Jaga Bandara Kabul, Fasilitasi Evakuasi Warga Asing
Foto udara yang diambil pada 14 Agustus 2021 menunjukkan helikopter militer berdiri di landasan bandara militer di Kabul. (Foto: dok. AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Pasukan NATO mempertahankan kehadiran diplomatiknya di ibu kota Afghanistan, Kabul, dan membantu menjaga agar bandar udara kota itu tetap beroperasi, kata aliansi militer itu pada hari Minggu (16/8) ketika gerilyawan Taliban memasuki ibu kota Afghanistan.

“NATO membantu menjaga bandara Kabul tetap terbuka untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan evakuasi,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg di Twitter.

Stoltenberg mengatakan dia telah membahas situasi yang berkembang pesat di Afghanistan dengan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson,dan menteri luar negeri Kanada, Denmark dan Belanda.

Gerilyawan Taliban memasuki Kabul pada hari Minggu (15/8) dan mengatakan mereka diperkirakan akan mengambil alih kekuasaan dalam beberapa hari.

Seorang pejabat NATO mengatakan bahwa aliansi itu mempertahankan kehadiran diplomatiknya di Kabul. Pejabat itu tidak menanggapi pertanyaan apakah NATO berencana mengadakan pertemuan krisis untuk membahas situasi di Afghanistan.

“NATO terus-menerus menilai perkembangan di Afghanistan,” kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa keamanan personel aliansi adalah yang terpenting dan NATO akan terus menyesuaikan seperlunya.

Setelah hampir dua dekade, NATO musim panas ini menyelesaikan operasi militer di Afghanistan dan menarik sebagian besar pasukan dari negara itu.

Aliansi masih mengoperasikan perwakilan diplomatik di Kabul. Seorang juru bicara NATO pada hari Jumat menolak untuk memberikan rincian tentang perwakilan tersebut, dengan alasan masalah keamanan.

Bermarkas di Brussel, NATO juga berfungsi sebagai forum untuk mengkoordinasikan langkah-langkah nasional di Afghanistan, seperti evakuasi warga yang dibahas oleh duta besar NATO pada hari Jumat. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home