Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:42 WIB | Minggu, 22 Januari 2023

Negara-negara Baltik Desak Jerman Kirim Tank Tempur ke Ukraina

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, berbicara selama konferensi pers dengan menteri pertahanan Negara-negara Baltik dan perwakilan dari anggota NATO lainnya di Pangkalan Angkatan Darat Tapa, Estonia, pada 19 Januari 2023. (Foto: Reuters)

ESTONIA, SATUHARAPAN.COM - Negara-negara Baltik: Latvia, Estonia, dan Lituania melakukan panggilan bersama ke Jerman pada hari Sabtu (21/1) untuk meningkatkan kepemimpinannya dan mengirim tank tempur utamanya ke Ukraina. Ini memberikan tekanan lebih lanjut pada Berlin untuk bergerak lebih cepat dalam membantu Kiev dalam perangnya melawan Rusia.

“Kami, Menteri Luar Negeri Estonia, Latvia, dan Lituania, meminta Jerman untuk menyediakan tank Leopard ke Ukraina sekarang,” kata Estonia kata Menteri Luar Negeri di Twitter.

“Ini diperlukan untuk menghentikan agresi Rusia, membantu Ukraina, dan memulihkan perdamaian di Eropa dengan cepat. Jerman sebagai kekuatan Eropa terkemuka memiliki tanggung jawab khusus dalam hal ini.”

Pernyataan itu muncul sehari setelah Jerman dan sekutu Barat tidak mencapai keputusan apakah Berlin akan setuju untuk mengirimkannya Tank Leopard 2 ke Ukraina atau izinkan negara lain yang memilikinya untuk melakukannya.

Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu menimbulkan kekhawatiran di negara-negara kecil Baltik, semua anggota NATO itu memulihkan kemerdekaan mereka setelah beberapa dekade pemerintahan Uni Soviet pada tahun 1991, bahwa mereka juga dapat diserang dari Moskow.

Rusia dalam beberapa hari terakhir telah meningkatkan penembakan di wilayah timur Ukraina di luar garis depan utama di Donbas, dengan Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Sabtu serangannya di wilayah Zaporizhzhia telah menempatkan unit tentaranya mendapatkan lebih banyak posisi yang menguntungkan.

Menteri Pertahanan baru Jerman, Boris Pistorius, mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia berencana untuk mengunjungi Ukraina "dengan cepat", menambahkan bahwa Berlin sedang "berdialog erat" mengenai masalah tank dengan Amerika Serikat dan mitra internasional lainnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home