Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:41 WIB | Sabtu, 23 Mei 2015

Nelayan Salah Satu Prioritas Penerima Kartu Jamsos

Ilustrasi: Nelayan Indonesia. (Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang)

MAKASSSAR, SATUHARAPAN.COM - Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa mengatakan, nelayan menjadi salah satu prioritas lapisan masyarakat, yang menerima kartu jaminan sosial yang dikeluarkan pemerintah.

“Nelayan, petani, buruh angkut, dan santri, menjadi salah satu prioritas penerima kartu,“ kata Khofifah saat menyampaikan laporan dalam acara penyerahan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera, dan kartu layanan disabilitas berat, oleh Presiden di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar, Jumat (22/5) sore.

"Sesuai arahan Presiden, penerima kartu mayoritas nelayan, petani, buruh angkut, dan pesantren," kata Khofifah.

Dalam acara yang dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Ibu Negara Iriana, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Menko Maritim Indroyono Susilo tersebut, dibagikan Kartu Keluarga Sejahtera sebanyak 645 kepala keluarga, Kartu Indonesia Pintar 1.207 siswa, dan Kartu Indonesia Sehat 3.222 orang. Kartu layanan penyandang disabilitas berat dibagikan sebanyak 445 untuk penerima di Kecamatan Busung dan Tambaya.

Sementara itu Presiden Joko Widodo meminta dana yang diberikan dari empat kartu tersebut digunakan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat. "Saya minta gunakan untuk yang baik, dan keperluan yang penting," katanya.

Data dari BPJS kesehatan menyebutkan, sejak peluncuran awal kartu Indonesia Sehat pada November 2014, telah didistribusikan 4.426.010 kartu.

Pada 2015, BPJS bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan melanjutkan penerbitan dan pendistribusian hampir 82 juta kartu, atau 81.973 KIS untuk segmen peserta PBI.

Sembilan provinsi yang menerima distribusi awal kartu tersebut masing-masing DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jambi, Maluku, Bangka Belitung, Papua, dan Papua Barat.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home