Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 22:00 WIB | Minggu, 02 Oktober 2016

New York Times Ajak Warga Latin Kalahkan Donald Trump

Calon presiden Hillary Clinton-Donald Trump bersalaman setelah debat calon presiden pertama di Hofstra University di Hempstead, New York 26 September 2016. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - New York Times pada Sabtu (1/10) mendesak warga Latin turun dan memberikan suara mereka, menyebutnya sebagai cara untuk membantu mengalahkan Donald Trump dan menegaskan peran mereka yang semakin bertumbuh dalam masyarakat Amerika.

Dalam sebuah editorial, surat kabar berpengaruh itu menyebutkan bahwa Trump sudah bersumpah akan membangun dinding di perbatasan dengan Meksiko untuk mencegah imigran dan menghina warga Meksiko dan para minoritas lainnya dalam seluruh kampanye melawan calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Clinton, imbuhnya, memiliki rencana kuat untuk mengatasi masalah yang penting bagi warga Latin, seperti ekonomi, pendidikan, dan akses untuk mendapatkan perawatan kesehatan, dan sudah berjanji akan memprioritaskan reformasi imigrasi.

“Selain mengalahkan penindas, warga Latin memiliki banyak alasan untuk memberikan dukungan besar kepada saingan utama Trump,” kata editorial tersebut, yang juga diterbitkan dalam bahasa Spanyol.

Banyaknya jumlah pemilih Latin pada 8 November bisa membantu Clinton meraih kemenangan di sejumlah negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama dan mengubah bagaimana partai politik Amerika Serikat memandang para pemilih Hispanik dan bagaimana mereka akan berurusan dengan orang-orang tersebut di masa depan, kata New York Times.

“Sebanyak 56 juta penduduk Latin Amerika -- sepertiga di antaranya berusia di bawah 18 tahun -- membantu membentuk masa depan Amerika di kelas, tempat kerja dan lingkungan. Tinggal masalah waktu sebelum jejak mereka di politik nasional menyamai kontribusi mereka di bidang lainnya,” kata surat kabar itu.

“Momen itu harus dimulai sekarang.” (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home