Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 21:30 WIB | Minggu, 14 Desember 2014

NHK: Shinzo Abe Menangi Pemilu Jepang dengan Meyakinkan

Shinzo Abe (Foto:Bloomberg)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Exit poll yang dilakukan oleh Stasiun Televisi NHK  menunjukkan koalisi yang dibangun oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe kemungkinan besar memenangi Pemilu yang berlansung hari ini.

Kemungkinan besar juga kemenangan itu cukup besar yang menyebabkan partainya dengan partai koalisi, akan menguasai dua pertiga mayoritas di kursi parlemen tingkat rendah.

 Menurut NHK, koalisi Partai Demokrat Libera pimpinan Abe dengan Partai Komeito, akan memenangi Pemilu dengan raihan antara 306 hingga 341 kursi dari 475 kursi dewan. Angka itu tidak terlalu jauh dibanding kursi yang didapatkan pada pemilu sebelumnya yaitu  325.

Di sisi lain, Pemilu kali ini mencatat jumlah orang yang tidak menggunkan hak pilihnya disebabkan oleh salju yang berat serta sikap apatis sebagian masyarakat.

Abe meminta Pemilu yang dipercepat, demi mendapatkan mandat baru bagi kebijakan ekonominya untuk mengakhiri deflasi yang oleh sementara kalangan disebut Abenomics di tengah resesi ekonomi yang tengah mereka alami.

Dengan mandat baru tersebut, akan lebih mudah bagi Abe untuk mendorong rencana-rencana tidak populernya seperti memulai ulang reaktor nuklir dan memperkuat tentara nasional.

"Kemenangan besar bagi Abe akan memberinya ruang untuk menjalankan kebijakan reflasionernya," kata
 Masamichi Adachi, senior economist pada JPMorgan Chase & Co. di Tokyo. “Meskipun demikian, rendahnya angka pemilih mencerminkan banyak pemilih yang tidak bisa menerima Abenomics." (Bloomberg)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home