Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:25 WIB | Minggu, 24 April 2022

Nigeria: Ledakan di Kilang Minyak Ilegal, Puluhan Tewas

Kilang minyak ilegal di Nigeria. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

ABUJA, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 50 orang tewas dan banyak yang terluka ketika sebuah ledakan mengguncang kilang minyak ilegal di Nigeria tenggara, kata pejabat negara dan polisi, hari Sabtu (23/4).

Korban tewas mungkin lebih dari 100 orang, menurut sebuah laporan di surat kabar Punch yang berbasis di Lagos. Api dilaporkan telah menyebar ke properti terdekat.

Kebakaran terjadi pada hari Jumat (22/4) malam dan dengan cepat menyebar ke dua tempat penyimpanan bahan bakar di kilang minyak mentah ilegal, menyebabkan kompleks tersebut “dilalap api yang menyebar dengan cepat” di dalam area tersebut, kata Declan Emelumba, komisaris Negara Bagian Imo untuk informasi.

Penyebab langsung ledakan dan tingkat kematian, cedera dan kerusakan sedang diselidiki, kata Emelumba.

Beberapa video yang diposting di media sosial menunjukkan pemandangan yang mengerikan, dengan sisa-sisa orang yang hangus menjadi kerangka dan abu. Associated Press tidak dapat memverifikasinya secara independen.

“Banyak orang meninggal. Orang-orang yang tewas semuanya adalah operator ilegal,” kata Michael Abattam, juru bicara Komando Polisi Negara Bagian Imo.

Pemerintah negara bagian Imo sedang mencari pemilik kilang di mana ledakan terjadi dan menyatakan dia sebagai buronan, kata seorang pejabat.

Penyulingan ilegal umum terjadi di Nigeria, di mana operator bisnis yang curang sering menghindari peraturan dan pajak dengan mendirikan kilang di daerah terpencil, jauh dari pandangan pihak berwenang.

Nigeria adalah produsen minyak mentah terbesar di Afrika tetapi memiliki sangat sedikit kilang resmi dan akibatnya sebagian besar bensin dan bahan bakar lainnya diimpor, menciptakan celah bagi operator kilang ilegal.

Praktik ini begitu meluas sehingga mempengaruhi produksi minyak mentah di wilayah Delta Niger yang kaya minyak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home