Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:14 WIB | Kamis, 22 Desember 2016

Nigeria Sita 5 Ton Beras Plastik Selundupan dari Tiongkok

Ilustrasi. Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita didampingi Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti memantau pasokan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, hari Kamis (15/12). (Foto: kemendag.go.id)

LAGOS, SATUHARAPAN.COM – Nigeria, hari Rabu (21/12), menyita lebih dari 100 karung beras plastik yang diselundupkan ke negara tersebut, tempat harga bahan makanan pokok meroket menjelang liburan Natal dan Tahun Baru.

Seorang tersangka ditangkap terkait 102 karung beras palsu, yang para pejabat peringatkan dapat berbahaya bila dikonsumsi.

Mereka diduga menyelundupkan atau mengirim dari Tiongkok secara ilegal melalui pelabuhan Lagos, ungkap seorang petugas bea cukai senior di bandara pelabuhan komersial Nigeria.

Karung berbobot 50 kilogram tersebut, beremerek 'Best Tomato Rice', tidak memiliki tanggal produksi dan dicegat pada hari Senin di daerah Ikeja, kata petugas tersebut yang namanya tidak disebutkan.

"Kami telah melakukan analisis awal dari beras plastik itu. Setelah menanaknya, nasi dari beras tersebut lengket dan hanya Tuhan yang tahu apa yang akan terjadi bila seseorang mengonsumsinya," kata pengawas bea cukai Ikeja Mohammed Haruna.

Nigeria melarang impor beras karena berusaha untuk meningkatkan produksi beras lokal.(AFP) 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home