Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 00:11 WIB | Sabtu, 25 September 2021

Nigeria: Tiga Penculik Siswa Sekolah Baptis Ditangkap

Bennice John Bivan (11 tahun), salah satu dari 28 siswa Bethel Baptist High School yang telah dibebaskan oleh penculiknya terlihat bersama ibunya, Rahila John Bivan, di Rumah Sakit Wilbasun di Kaduna pada 26 Juli 2021. (Foto: dok.AFP)

LAGOS, SATUHARAPAN.COM-Polisi Nigeria telah menangkap tiga tersangka terkait penculikan lebih dari 100 siswa di sebuah sekolah Baptis dua bulan lalu, kata polisi.

Orang-orang bersenjata menyerbu Bethel Baptist High School, menculik 121 siswa yang sedang tidur di asrama mereka pada 5 Juli, di pinggiran kota Kaduna di negara bagian Kaduna barat laut.

Tiga dari para penculik telah ditangkap bersama dengan 47 tersangka lainnya yang dituduh melakukan kejahatan lain, kata juru bicara kepolisian nasional, Frank Mba, Kamis (23/9) malam.

Geng bersenjata yang dikenal secara lokal sebagai bandit telah melakukan gelombang penculikan di barat laut dan tengah Nigeria, serta menjarah dan mencuri ternak.

Geng ITU baru-baru ini menargetkan sekolah dan perguruan tinggi, menculik siswa untuk memeras pembayaran uang tebusan dari orang tua dan pihak berwenang.

Salah satu dari tiga tersangka "melakukan pengawasan sekolah Bethel dan menyusun strategi dengan anggota gengnya yang lain sebelum mereka menyerang dan menculik para siswa," kata Mba.

“Satu senapan AK47 ditemukan dari masing-masing tersangka,” tambahnya.

Sejauh ini 100 siswa yang diculik telah dibebaskan atau melarikan diri. Dua puluh satu tetap dalam kendali penculik.

Lebih dari 1.000 pelajar dan murid telah diculik di Nigeria utara sejak Desember, meskipun sebagian besar telah dibebaskan setelah negosiasi.

Bulan lalu, bandit membebaskan 93 murid yang diculik dari sebuah sekolah Islam di negara bagian Niger tengah setelah tiga bulan ditahan, menyusul pembayaran uang tebusan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home