Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 07:46 WIB | Rabu, 28 Januari 2015

NIIS Libya Serang Hotel di Tripoli 9 Terbunuh

Ledakan di Hotel Corinthia di Tripoli pusat kegiatan para diplomat dan pejabat negara. (Foto: AFP)

TRIPOLI, SATUHARAPAN.COM - Militan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS/ISIS) di Libya mengklaim telah menyerang sebuah hotel yang populer di kalangan warga asing pada Selasa (27/1) dengan meledakkan bom mobil dan bom bunuh diri yang membunuh sedikitnya sembilan orang. 

Pasukan keamanan mengepung Corinthia Hotel di Tripoli tengah dan terdengar suara tembakan, menurut laporan fotografer AFP

Menurut pernyataan pasukan keamanan di lokasi kejadian, empat pria bersenjata meledakkan bom mobil di depan hotel, membunuh seorang penjaga keamanan, sebelum mereka menyelinap masuk. 

Laporan yang belum dikonfirmasi mengatakan beberapa penyerang telah meledakkan diri mereka. Para pejabat mengatakan korban meninggal termasuk lima warga asing, satu warga AS dan satu warga negara Prancis.

Sejumlah orang cedera akibat serangan tersebut, menurut pernyataan narasumber tanpa memberikan keterangan lebih lanjut. Beberapa unit ambulans dikerahkan ke lokasi kejadian. 

Dalam pernyataan singkat di Twitter, NIIS cabang Tripoli mengklaim telah menyerang hotel tersebut, menurut laporan badan pemantau, SITE Inteliligence. 

Belum jelas apakah tamu masih berada di dalam hotel yang merupakan pusat kegiatan diplomatik dan pemerintahan di Tripoli. 

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini menyatakan keprihatinan dan menyebut serangan tersebut sebagai “tindakan terorisme yang tercela dan menghambat upaya perdamaian dan stabilitas di Libya.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home