Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 22:08 WIB | Senin, 21 Juni 2021

Nikol Pashinyan Menang dalam Pemilu Parlemen Armenia

Nikol Pashinyan Menang dalam Pemilu Parlemen Armenia
Penjabat Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, menyapa rekan-rekan partainya setelah pemilihan parlemen di Yerevan, Armenia, hari Senin (21/6). (Foto-foto: Tigran Mehrabyan/PAN via AP)
Nikol Pashinyan Menang dalam Pemilu Parlemen Armenia
Penjabat Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan berbicara kepada rekan-rekan partainya setelah pemilihan parlemen di Yerevan, Armenia, hari Senin (21/6).

YEREVAN, SATUHARAPAN.COM-Hasil pemilihan parlemen Armenia yang dirilis hari Senin (21/6) menunjukkan bahwa partai Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, memenangkan pemilihan cepat yang dia serukan untuk meredakan kemarahan atas kesepakatan damai yang dia tandatangani dengan Azerbaijan.

Dengan semua daerah dihitung, partai Kontrak Sipil Pashinyan memenangkan 53,9% suara. Sebuah blok yang dipimpin oleh mantan Presiden Robert Kocharyan berada di tempat kedua yang jauh dengan memperoleh sekitar 21% suara, kata komisi pemilihan.

Sebuah blok yang berafiliasi dengan mantan presiden lainnya berada di urutan ketiga dengan 5,2% suara, dan partai lain mendapat hampir 4% suara. Blok Pasyinyan membutuhkan 7% untuk masuk ke parlemen dan partai membutuhkan 5%. Namun undang-undang Armenia mengizinkan pihak ketiga atau blok untuk mendapatkan kursi, jika hanya dua kekuatan politik yang melewati ambang batas untuk masuk ke parlemen.

Pashinyan mengadakan pemilihan awal setelah berbulan-bulan protes menuntut pengunduran dirinya, karena kesepakatan damai yang dia tandatangani untuk mengakhiri enam pekan pertempuran dengan Azerbaijan atas wilayah Nagorno-Karabakh.

Perjanjian tersebut membuatAzerbaijan merebut kembali kendali atas sebagian besar wilayah Nagorno-Karabakh dan daerah sekitarnya yang telah dipegang oleh pasukan Armenia selama lebih dari seperempat abad. Ribuan orang Armenia turun ke jalan di ibu kota Yerevan untuk memprotes kesepakatan itu sebagai pengkhianatan terhadap kepentingan nasional.

Nagorno-Karabakh terletak di dalam Azerbaijan, tetapi berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh pemerintah di Yerevan sejak perang separatis berakhir pada tahun 1994.

Permusuhan berkobar pada akhir September 2020, dan militer Azerbaijan memasuki jauh ke wilayah Nagorno-Karabakh dan daerah sekitarnya dalam enam pekan pertempuran yang melibatkan artileri berat dan pesawat tak berawak yang menewaskan lebih dari 6.000 orang.

Pashinyan, yang berkuasa setelah memimpin protes jalanan besar pada 2018 yang menggulingkan pendahulunya, membela kesepakatan itu sebagai langkah menyakitkan, tetapi perlu untuk mencegah Azerbaijan menguasai seluruh wilayah Nagorno-Karabakh.

Setelah mengadakan pemilihan, ia mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri sebagaimana diharuskan oleh hukum untuk memungkinkan pemilihan berlangsung, tetapi tetap menjadi pemimpin negara sebagai penjabat perdana menteri.

Pemungutan suara hari Minggu (230/6) melibatkan 21 partai politik dan empat blok pemilihan. Terlepas dari emosi yang tinggi atas kekalahan perang dan seruan agar Pashinyan mengundurkan diri, jumlah pemilih dalam pemilu ini dinilai suam-suam kuku, hanya 49% pemilih yang memenuhi syarat yang memberikan suara.

Partai Pashinyan menunjukkan keunggulan kuat di awal penghitungan, dan penjabat perdana menteri mengklaim kemenangan beberapa jam sebelum semua daerah dihitung. “Kami telah mengatasi masa-masa sulit ini, dan sekarang saatnya untuk berdiri dan maju,” kata Pashinyan dalam pidato yang disiarkan televisi di kantor pusat partai.

Aliansi Armenia yang dipimpin oleh pesaing utamanya Kocharyan menolak untuk mengakui hasil tersebut. Setelah hasil dari semua daerah pemilihan dirilis oleh komisi pemilihan Armenia, Pashinyan mentweet bahwa “di parlemen yang baru terpilih, partai Kontrak Sipil akan memiliki mayoritas konstitusional,” dengan setidaknya 71 kursi dari 105, “dan akan membentuk pemerintahan yang saya pimpin." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home