Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 13:24 WIB | Jumat, 02 Desember 2016

Nokia Siap Luncurkan Smartphone Baru Awal 2017

Foto: hmdglobal.com

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM - Nokia akan kembali muncul di pasar smartphone di paruh pertama 2017 dengan menggunakan platform Android, kata perusahaan dan lisensinya pada hari Kamis (1/12). 

Nokia, yang saat ini menjadi unggulan pembuat perlengkapan telekomunikasi, memberikan lisensi brandnya kepada HMD Global yang akan meluncurkan produk smartphone Nokia pertamanya pada awal tahun depan. Kedepannya HMD juga akan meluncurkan tablet.

Perusahaan Finlandia tersebut mengatakan HMD mendapat lampu hijau untuk melanjutkan produksi setelah menyelesaikan semua transaksi yang diperlukan dengan mitra mereka dari Taiwan, FIH Mobile dari FoxConn Technology Group, dan dengan raksasa teknologi Amerika Serikat Microsoft, yang membeli bisnis ponsel itu dari Nokia pada 2014.

“HMD bisa memulai operasi sebagai rumah baru ponsel Nokia, di bawah lisensi merek global eksklusif untuk 10 tahun ke depan,” kecuali Jepang, kata Nokia dalam sebuah pernyataan.

Usaha Microsoft untuk membuat ponsel menghabiskan biaya 7,2 miliar dolar AS (sekitar Rp 97,4 triliun) pada 2014, namun ternyata hanya bertahan sampai Mei lalu, ketika mereka mengatakan Microsoft akan menjual bisnis feature phone kepada HMD Global FIH Mobile senilai 350 juta dolar AS (sekitar Rp 4,73 triliun).

Microsoft juga memutuskan untuk mengakhiri pembuatan smartphone di Finlandia, melepaskan sekitar 1.350 pegawai pembuat smartphone dan mantan pegawai Nokia. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home