Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 18:36 WIB | Minggu, 30 April 2023

Norwegia: Anjing Laut Yang Disuntik Mati Dibuatkan Patungnya

Patung walrus 'Freya' diresmikan di Oslo, Norwegia, hari Sabtu, 29 April 2023. Freya walrus (anjing laut) disuntik mati oleh Direktorat Perikanan pada Agustus 2022. Alasannya, masyarakat tidak mengikuti rekomendasi dari otoritas untuk menjaga jarak dari hewan seberat 600 kilogram itu. (Foto: Annika Byrde/NTB Scanpix via AP)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM-Seekor anjing laut yang menjadi selebritas global tahun lalu setelah terlihat bermain-main dan berjemur di fyord Oslo, diabadikan oleh pihak berwenang dengan dibuatkan patung perunggu di Norwegia, setelah disuntiik mati (euthanasia).

Patung seukuran aslinya oleh seniman Norwegia, Astri Tonoian, diresmikan hari Sabtu (29/4) di marina Oslo tidak jauh dari tempat mamalia seberat 600 kilogram (1.300 pon) terlihat beristirahat dan bersantai selama musim panas 2022.

Walrus, bernama Freya, dengan cepat menjadi daya tarik populer di kalangan penduduk Oslo tetapi otoritas Norwegia kemudian membuat keputusan untuk eutanasia, menyebabkan kemarahan publik, karena mereka mengatakan orang tidak mengikuti rekomendasi untuk menjaga jarak yang aman dari hewan besar itu.

Kantor berita Norwegia NTB mengatakan kampanye penggalangan dana dimulai musim gugur lalu untuk membiayai patung itu. Inisiatif swasta tersebut berhasil mengumpulkan sekitar 270.000 kroner Norwegia (setara Rp 375 juta) pada bulan Oktober, kata NTB. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home