Loading...
RELIGI
Penulis: Melki 12:15 WIB | Kamis, 30 Maret 2023

NTB Diminta Pertahankan Harmoni Antarumat Beragama

Foto bersama Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto pada acara perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 atau 2023 Masehi bersama keluarga besar IKBH, di Tribun Bhara Daksa Polda NTB, di Mataram, Rabu (29/3/2023). HO-Humas Polda NTB

MATARAM, SATUHARAPAN.COM - Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto menyampaikan aspirasi kepada Dharma Santi Ikatan Keluarga Besar Agama Hindu (IKBH) atas acara Dharma Santi Perayaan Hari Raya Nyepi 1945 Saka agar harmoni antarumat beragama tetap dipertahankan.

"Melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti ini memberikan harmonisasi antarumat beragama, sehingga hubungan dan toleransi yang terjalin antarumat dapat kita rasakan," kata Kapolda NTB pada perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 atau 2023 Masehi bersama keluarga besar IKBH, di Tribun Bhara Daksa Polda NTB, di Mataram, Rabu (29/3).

Kapolda mengatakan, seorang Polri harus bisa memberi contoh harmoni kepada masyarakat lainnya, maka dengan latar belakang agama apa pun, semua yang ada disini harus memelihara dan mempertahankan harmoni antarumat.

"Untuk itu dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat, maka harmonisasi harus dapat dipertahankan," katanya pula.

Tokoh agama Hindu Pinandita Drs Nyoman Murba Widana mengatakan, semua harus bersyukur kepada Tuhan, karena telah diberikan nikmat kehidupan yang luar biasa, ditambah lagi dengan nikmat situasi yang harmonis antarumat beragama.

"Umat Hindu di seluruh Nusantara melaksanakan suatu kewajiban dalam sebuah keyakinannya, karena keyakinan menjadi tujuan utama untuk mendapat kesuksesan," katanya lagi.

Diharapkan dengan melaksanakan seluruh rangkaian Nyepi kembali suci, dan untuk mewujudkan kesucian pada diri masing-masing, maka beberapa hal yang harus dapat dihindari saat melaksanakan rangkaian Nyepi di antaranya pengendalian nafsu baik nafsu amarah maupun nafsu seksual.

"Maka dengan Nyepi salah satu tujuannya yaitu memahami manifestasi Tuhan dalam bentuk kebenaran. Semoga apa yang telah kita laksanakan pada prosesi Nyepi tahun ini dapat menjadikan kita bersih dan suci kembali," katanya pula.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home