Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 13:37 WIB | Senin, 01 Juni 2015

Obama Batalkan Resepsi demi Hormati Kematian Beau Biden

Jaksa Agung Delaware, Beau Biden, putra dari Wapres AS, Joe Biden, ketika berpidato pada sesi terakhir konvensi nasional Partai Demokrat di Charlotte, North Carolina, pada 6 September 2012 (Foto: dok Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat Barack Obama membatalkan sebuah resepsi yang sedianya diselenggarakan di Gedung Putih pada hari Minggu (31/5) dan memutuskan mengunjungi Wakil Presiden Joe Bidan serta keluarga untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya puranya, Beau Biden.

Beau Biden, 46 tahun, yang menjabat sebagai Jaksa Agung Delaware selama delapan tahun terakhir, meninggal pada hari Sabtu (30/5) setelah menderita kanker otak.

Reuters melaporkan, Obama dan istrinya, Michelle, mendatangi US Naval Observatory, kediaman resmi wakil presiden, untuk mengucapkan belasungkawa pada hari Minggu.

Pejabat dan politisi Washington lainnya melalui media sosial mengekspresikan simpati mereka atas kematian Biden, yang sudah menikah dan memiliki dua anak.

Menteri Luar Negeri John Kerry menyebutnya sebagai "anak yang setiap ayah ingin membesarkannya" dan mengenang bagaimana  Beau memilih untuk terus berkarier  militer di Irak daripada menduduki kursi Senat yang ditinggalkan ayahnya saat menjadi wapres pada tahun 2009.

Senator Patrick Leahy, kolega lama Joe Biden di Senat, menyebut Beau "mengesankan, membumi dan pemimpin yang alami."

Mantan Presiden Bill Clinton dan istrinya Hillary, menyampaikan dukacita melalui akun twitter seperti juga Ketua DPR DPR John Boehner dan para calon capres AS dari Partai Republik, Jeb Bush, Scott Walker, Rick Santorum dan Mike Huckabee.

Beau Biden mengalami stroke ringan pada tahun 2010 dan didiagnosa menderita kanker otak pada bulan Agustus 2013. Setelah operasi, radiasi, dan kemoterapi, ia diberi surat keterangan sehat tetapi kanker itu kembali pada musim semi 2015.

Biden, yang bertugas selama satu tahun di Irak sebagai anggota Tentara Garda Nasional Delaware, tahun lalu mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur Delaware tahun 2016.

Beau dan saudaranya selamat dari kecelakaan mobil pada tahun 1972 yang menewaskan ibu dan kakak mereka tak lama setelah Joe Biden terpilih sebagai anggota Senat.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home