Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:44 WIB | Jumat, 10 Mei 2024

Obor Olimpiade Mulai Perjalanan dari Marseille ke Seluruh Wilayah Prancis

Obor Olimpiade Mulai Perjalanan dari Marseille ke Seluruh Wilayah Prancis
Pembawa obor pertama Olimpiade Prancis, Florent Manaudou, memegang kobor setelah meninggalkan Belem, kapal layar di Old Port Marseille, Prancis Selatan, hari Rabu (8/5). (Foto: AP/Thibault Camus)
Obor Olimpiade Mulai Perjalanan dari Marseille ke Seluruh Wilayah Prancis
Kembang api menerangi langit di atas Belem, kapal layar yang membawa api untuk obor Olimpiade Prancis dari Yunani, ketika memasuki Old Port Marseille, Prancis selatan, hari Rabu (8/5). (Foto: AP/Laurent Cipriani)

MARSEILLE-PRANCIS, SATUHARAPAN.COM-Pembawa obor akan membawa api Olimpiade melalui jalan-jalan kota pelabuhan Marseille di selatan Prancis, satu hari setelah api itu tiba dengan kapal megah bertiang tiga untuk upacara penyambutan.

Obor tersebut memulai perjalanannya yang akan berlangsung selama 11 pekan di seluruh negeri dengan sekitar 10.000 pembawa melewati lebih dari 450 kota hingga upacara pembukaan Olimpiade di Paris pada 26 Juli.

Mantan pemain sepak bola, Basile Boli, yang bermain dengan tim Marseille pada tahun 1990-an, meluncurkan estafet pertama pada hari Kamis (9/5) dari basilika Notre Dame de la Garde yang menghadap Marseille dan Mediterania.

Pemain bola basket, Tony Parker, akan mengambil gilirannya dalam estafet pada hari Kamis malam. Seorang juara anggar, pemain skateboard, koki berbintang Michelin, dan komedian juga dipilih untuk membawa api tersebut.

Para peserta dijadwalkan untuk berlari sepanjang hari melewati tempat-tempat paling simbolis di kota tersebut untuk membawa obor di atap Stade Velodrome yang terkenal, rumah bagi para penggemar sepak bola Marseille yang penuh semangat.

Kota tersebut pada hari Rabu (8/5) merayakan kedatangan api dengan meriah ketika Walikota Marseille, Benoît Payan, mengatakan bahwa lebih dari 230,000 orang menghadiri upacara di Pelabuhan Tua.

“Sungguh luar biasa, sungguh ajaib,” kata warga Amel Sekko. “Kami membutuhkannya. Kami tidak pernah mengadakan acara atau hal indah seperti ini di Marseille.”

Mouna Boulhas, warga Marseille lainnya, mengatakan: “Ini adalah sesuatu yang harus Anda alami setidaknya sekali dalam hidup Anda… Kita memiliki matahari dan nyala api Olimpiade.”

Selama Olimpiade, kompetisi berlayar dan beberapa pertandingan sepak bola akan diadakan di Marseille. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home