Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:17 WIB | Kamis, 31 Desember 2015

OJK: Peningkatan Jumlah Investor Pasar Modal Tinggi

Ilustrasi. Kantor Otoritas Jasa Keuangan di Jalan Budi Kemuliaan I no 2. (Foto: dok. satuharapan.com/Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan jumlah investor pasar modal Indonesia pada tahun 2015 cukup tinggi dengan peningkatan sebesar 19 persen.

"Jumlah investor pasar modal Indonesia pada tahun 2015 mengalami peningkatan cukup tinggi yaitu sebanyak 69.359 investor atau meningkat 19 persen," kata Ketua Dewan Komisaris OJK Muliaman Hadad di Gedung OJK, Jakarta, hari Rabu (30/12).

Sampai dengan tahun 2015, lanjut Muliaman, pasar modal berhasil memobilisasi dana melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham sebesar Rp 11,3 triliun dan Right Issue atau HMETD (HAK Memesan Efek Terlebih Dahulu) sebesar Rp 42,3 triliun.

Lalu ada obligasi pemerintah sebesar Rp 345,6 triliun dan 500 juta dolar AS serta obligasi korporasi sebesar Rp 62,4 triliun.

Selain itu, kata Muliaman, dari emiten, sepanjang tahun 2015 terdapat penambahan 15 emiten saham baru dan tiga emiten obligasi baru.

Untuk tahun 2016, OJK akan berkoordinasi dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) terkait upaya meningkatkan jumlah perusahaan untuk melakukan IPO.

"Soal perusahaan going public di 2016, kita akan bicarakan dengan Kadin. Kadin akan mengidentifikasi anggotanya yang memenuhi standar untuk IPO. Nanti akan kita buat jadi calon-calon IPO tahun depan, tugas OJK nantinya hanya akan melakukan edukasi, pembinaan dan memberikan informasi mengenai pasar modal," katanya.

Selain menggandeng Kadin, OJK juga akan melakukan kerja sama dengan perbankan dan melakukan upaya agar nasabah-nasabah bank yang besar untuk bisa melakukan IPO pada tahun depan.

"Mudah-mudahan strategi ini bisa menambah jumlah IPO tahun depan," katanya.

Dengan menggandeng Kadin dan perbankan, tambah Muliaman, diharapkan emiten yang akan melakukan IPO akan semakin ramai.

"Prinsipnya, OJK siap melakukan edukasi dan pembinaan terhadap calon-calon emiten yang akan IPO," dia menambahkan. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home