Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:25 WIB | Rabu, 19 Agustus 2020

Oman Nyatakan Dukung UEA Normalisasi Hubungan dengan Israel

Menteri Luar Negeri Oman, Yousuf bin Alawi bin Abdullah. (Foto: dok. Ist)

OMAN, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Oman, Yousuf bin Alawi bin Abdullah, berbicara dengan Menteri Luar Negeri Israel, Gabi Ashkenazi, dan dalam pembicaraan telefon, terpisah dengan seorang pejabat dari kelompok politik Palestina Fatah, kata kementerian luar negeri Oman pada hari Senin (17/8).

Oman, yang telah mempertahankan netralitasnya di wilayah yang bergejolak, mengatakan mendukung keputusan Uni Emirat Arab (UEA) pada Kamis untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Berbicara Ashkenazi, Yousuf mengatakan Oman mendukung "perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi di Timur Tengah" dan bahwa negosiasi tentang proses perdamaian Israel-Palestina perlu dilanjutkan.

Dia juga berbicara dengan Jibril Rajoub, sekretaris jenderal komite pusat kelompok Fatah Palestina, dan menekankan kedalaman hubungan Oman dengan Palestina.

Kesepakatan UEA-Israel yang disponsori Amerika Serikat telah dilihat sebagai penguatan oposisi terhadap kekuatan regional Iran, yang dipandang oleh negara-negara Teluk, Israel dan Amerika Serikat sebagai ancaman utama di Timur Tengah yang dilanda konflik.

Oman memelihara hubungan persahabatan dengan berbagai negara dan organisasi yang terlibat di kawasan itu termasuk Amerika Serikat dan Iran.

Menteri intelijen Israel pada hari Minggu (16/8) mengatakan Oman dan Bahrain, bisa menjadi negara Teluk berikutnya yang mengikuti UEA dalam meresmikan hubungan dengan Israel. Oman belum berkomentar tentang masalah ini. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home